Share

Alasan Dokter Dituntut Selalu Tingkatkan Skill dan Pengetahuannya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 14:04 WIB
$detail['images_title']
Dokter harus meningkatkan skill-nya (Foto: Business insider)

DOKTER selalu dituntut agar pengetahuan dan skill-nya terus meningkat. Hal ini seiring dengan munculnya berbagai penyakit baru di dunia, terutama selama pandemi.

Seperti dilansir dari Reuters Dr. Yusuke Tsugawa dari David Geffen School of Medicine UCLA menjelaskan, memang benar pengetahuan dan skill dokter meningkat seiring dengan pengalaman yang mereka miliki di bidang medis.

"Namun terkadang dokter juga mengalami kesulitan saat harus mengikuti perkembangan teknologi seiring dengan kemajuan zaman," ujarnya.

 Dokter meningkatkan skill

Oleh karena itu, dokter harus selalu mengasah skill dan meningkatkan kemampuannya, termasuk saat berinteraksi dengan teknologi di bidang medis.

Abhishek selaku Co-founder dari MediSage menjelaskan, pihaknya hadir guna membantu meningkatkan keterampilan pengetahuan medis terbaru kepada para dokter dan tenaga kesehatan secara digital. Apalagi pengetahun medis di sini bisa diakses oleh seluruh tenaga kesehatan di seluruh daerah hingga daerah terpencil pun.

Seperti yang sudah diketahui Indonesia adalah negara maritim yang terdiri dari beribu pulau, dokter pun tersebar di seluruh penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Penyebaran informasi perkembangan ilmu pengetahuan terbaru dilakukan melalui kongres dan pertemuan ilmiah tahunan, juga melalui perangkat digital di bidang medis.

 BACA JUGA:Dokter Reisa Sebut Kematian Akibat BA.4 dan BA.5 Sepersepuluh dari Omicron Versi Awal

PDUI atau Persatuan Dokter Umum Indonesia adalah salah satu asosiasi kedokteran terbesar di Indonesia dengan anggota lebih dari 60% dari total anggota IDI sebagai induk organisasi.

Abhishek menanmbahkan, pihaknya mendukung program penguatan skill dan kompetensi dokter di Indonesia dengan meningkatkan keterampilan dan memutakhirkan pengetahuan dokter melalui program-program orisinil, program seminar daring dengan pemberian akreditasi SKP, pertemuan ilmiah tahunan secara daring, forum ilmiah, diskusi panel

Pihaknya juga terus berkembang dan mendukung asosiasi-asosiasi dokter di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan di bidang kesehatan di Indonesia dan berkolaborasi dengan ahli-ahli kesehatan di luar negeri serta membuat konferensi internasional yang mengikutsertakan tenaga kesehatan di Indonesia.

1
2