Share

Dialami Sarwendah hingga Harus Operasi, Benarkah Migrain Bisa Memicu Stroke?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Migrain parah bisa menyebabkan stroke (Foto: Timesofindia)

SARWENDAH belakangan menjadi perbincangan karena sakit migrain hingga harus menjalani operasi. Istri Ruben Onsu tersebut mengaku sering mengalami sakit kepala sebelah. Penyakit itu sudah dideritanya sejak lama.

Dikutip dari YouTube The Onsu Family, ibu tiga anak itu pun melakukan pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk melihat permasalahan yang ada di kepalanya. Namun ternyata migrain yang dideritanya itu membuat Sarwendah harus menjalani operasi.

Sarwendah

(Sarwendah harus menjalani operasi, Foto: The Onsu Family/YouTube)

Hingga saat ini, belum diketahui penyakit yang diderita mantan personil Cherrybelle itu, namun Ruben Onsu mengungkapkan kalau sang istri mengidap penyakit langka.

"Dalam proses MRI dan beberapa proses yang lainnya, Sarwendah terkena salah satu penyakit langka. Jadi ada penyakit di batang otaknya," ucap Ruben Onsu dalam sebuah acara talkshow di stasiun televisi swasta.

BACA JUGA : Sarwendah Operasi karena Sering Migrain, Seberapa Bahaya dan Apa Dampak Jika Dibiarkan Terlalu Lama?

BACA JUGA : Sarwendah Dioperasi karena Sering Migrain, Ini 5 Penyebab yang Bisa Bikin Makin Parah!

Sementara itu terkait penyakit di batang otak, Satgas Covid-19 sekaligus Influencer Kesehatan, dr. Muhamad Fajri Adda'i mengungkapkan bisa saja migrain menyebabkan gangguan pada batang otak.

"Bahayanya, bila sudah menyerang batang otak bisa terjadi gangguan napas, berdebar, memicu kanker, hingga stroke. Sebab batang otak biasanya tempatnya sempit, pusat refleks napas, pusat refleks jantung dan sebagainya," tutur Fajri kepada MNC Portal, Minggu (19/6/2022).

Dokter Fajri menjelaskan pusat otak yang ada di kepala kita itu terdiri dari banyak saraf melewati batang otak. Melalui saluran tertentu, saraf otak ini dapat menyalurkan darah ke semua organ vital di tubuh.

"Misalnya kita (lagi) berpikir, pusat otak kita ada di tengah, nah kabelnya (saraf) lewat batang otak. Kabel ada yang ke otak, tangan, jantung, perut, dan anus. Kalau ditanya (menyebabkan stroke), ya bisa potensinya ada," ujarnya.

Ketika sudah mengalami kondisi seperti ini memang lebih baik untuk langsung memeriksa ke dokter dan dilakukan tindakan lebih lanjut agar penyakit tidak semakin parah.

1
2