Share

Kabar Baik! FDA Izinkan Penggunaan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Bayi 6 Bulan

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 07:21 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi FDA izinkan penggunaan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk bayi 6 bulan. (Foto: Shutterstock)

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada hari Jumat kemarin resmi mengizinkan penggunaan Vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech untuk bayi berusia 6 bulan, balita, dan anak-anak prasekolah. Ini untuk melindungi mereka dari infeksi virus covid-19.

Mereka mengikuti rekomendasi para ahli independen dan panel penasihat yang memberikan suara bulat pada Rabu lalu untuk mendukung penggunaan kedua vaksin covid-19 tersebut. Dua dosis Vaksin Moderna akan diberikan untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun, atau bisa juga tiga dosis Vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun.

Baca juga: FDA Buktikan Efektivitas Vaksin Moderna bagi Bayi 6 Bulan 

Berdasarkan hasil penelitian, Vaksin Pfizer maupun Moderna menunjukkan bisa melemahkan serangan covid-19 varian omicron. Ini efektif mencegah infeksi simtomatik pada anak kecil, seperti yang terjadi terhadap orang dewasa.

Pihak Pfizer mengatakan dua dosis vaksinnya hanya sekitar 28 persen efektif dalam mencegah penyakit, sementara tiga dosis 80 persen efektif. Tetapi perkiraan 80 persen itu hanya didasarkan pada 10 kasus dalam subset dari 1.678 peserta uji coba.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Belum Jadi Prioritas Pemerintah 

Sementara Vaksin Moderna sekira 51 persen efektif pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun. Lalu 37 persen efektif terhadap anak usia 2 hingga 5 tahun. Kedua vaksin tersebut memicu respons imun yang sebanding dengan yang dialami pada orang dewasa muda.

"Vaksin Moderna mungkin memicu respons imun sedikit lebih cepat, sementara Vaksin Pfizer mungkin membawa respons yang lebih besar setelah dosis ketiga," kata Kepala Divisi Vaksin FDA Dr Peter Marks dalam konferensi pers, dikutip dari Nytimes, Sabtu (18/6/2022).

Dia mengatakan, orangtua harus merasa nyaman dengan keduanya, dan merekomendasikan mereka mendapatkannya untuk anak-anaknya di mana pun tersedia.

Sementara Komisaris FDA Dr Robert M Califf mengatakan, "Seperti yang telah kita lihat dengan kelompok usia yang lebih tua, kami berharap vaksin untuk anak-anak yang lebih muda akan memberikan perlindungan dari keadaan yang paling parah akibat covid-19, seperti rawat inap dan kematian."

Baca juga: Otoritas Kesehatan Uni Eropa Sebut Vaksin mRNA Tak Sebabkan Gangguan Siklus Menstruasi 

Baca juga: Sakit Justin Bieber Sindrom Ramsay Dikaitkan Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan IDI 

1
2