Share

Menstruasi Tidak Teratur? Yuk Coba 4 Pose Yoga Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Jadwal siklus menstruasi (Foto: Freepik)

MENSTRUASI merupakan elemen penting bagi tubuh setiap perempuan. Salah satu permasalahan terkait menstruasi yang kerap dihadapi perempuan, yakni jadwal yang tidak teratur.

Banyak faktor yang bisa membuat jadwal menstruasi datang tak teratur. Mulai dari stres, kelelahan, kecemasan, hingga pola gaya hidup.

Well, jika Anda mengalami menstruasi yang tak teratur, mungkin bisa coba olahraga yoga. Khususnya mencoba empat pose yang disarankan ahli gizi Nicky Sagar berikut ini. Merangkum Healthsite, Sabtu (18/6/2022) mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Pose kobra: Pose dilakukan dengan berbaring tengkura, letakkan tangan di samping pinggang. Selanjutnya, perlahan-lahan mengangkat dada dan kepala sambil memberikan tekanan pada bagian tangan. Pertahankan posisi ini hingga 10 hitungan dan perlahan lepaskan postur tubuh untuk kembali ke posisi semula. Pose ini disebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem reproduksi.

 

(Foto: Freepik)

2. Pose unta: Alias pose Ustrasana adalah pose yang membantu meredakan nyeri punggung bawah. Caranya, duduk berlutut dengan kaki terpisah. Lalu perlahan tekuk ke belakang sambil memegang tumit. Gerakkan kepala dan leher Anda dengan pelan ke arah belakang. Tahan posisi selama 15 detik dan lepaskan perlahan. Pose unta ini membantu meningkatkan kesehatan organ dalam.

3. Pose lumba-lumba: Biasa disebut Ardha Pincha Mayurasana ini, caranya letakkan lengan bawah di atas matras yoga dan jaga posisi siku agar tetap di bawah bahu. Beri jarak antara kaki satu sama lain dan jari-jari kaki menghadap ke depan. Perlahan angkat lutut dari lantai, pelan-pelan menuju ke arah dada lalu tahan posisi selama 15 detik. Bermanfaat meringankan gejala menopause, meredakan kelelahan, sakit kepala, sakit punggung dan mengurangi nyeri haid.

4. Balasana: Bertujuan untuk meregangkan banyak bagian tubuh. Letakkan tangan dan lutut di atas matras yoga, dengan lutut sedikit terpisah. Lalu pelan-pelan mulai turunkan pinggul dan dahi ke arah matras yoga. Posisikan kepalan tangan di bawah dahi. Terus tekan perut ke paha sambil bernapas perlahan dan tahan posisi ini selama hitungan 10-15 napas. Pose ini disebutkan bisa bantu meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran dan melemaskan otot tubuh serta mengurangi kram menstruasi.

BACA JUGA:Suka Pendarahan di Luar Siklus Menstruasi? Hati-Hati Gejala Kanker

BACA JUGA:3 Cara Ampuh Kurangi Nyeri ketika Menstruasi

1
2