Share

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur, Dicoba Yuk!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 11:59 WIB
$detail['images_title']
Cara meningkatkan kualitas tidur (Foto: Health and fitness travel)

KUALITAS tidur sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Beberapa tanda yang menunjukkan kualitas tidur perlu ditingkatkan adalah sering merasa lelah, tidak berkonsentrasi di siang hari, sering terbangun saat tidur, emosi tidak stabil, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

 tidur

1. Dapatkan pencahayaan pada waktu yang tepat

Paparan cahaya pada tubuh kita sangat berpengaruh terhadap otak dan tubuh. Ketika memulai hari, cobalah untuk bangun lebih pagi dan menyerap lebih banyak cahaya. Kemudian pada malam hari, ketika tidur, hindari cahaya yang terang, termasuk sinar biru yang berasal dari ponsel atau alat elektronik lain. Hal ini dilakukan agar kelenjar pineal dapat memompa melatonin dan memberi tanda tubuh waktu untuk tidur.

2. Lepaskan ketegangan

Setiap hari kita melakukan pekerjaan yang membuat tubuh tegang hingga membuat stres. Beristirahat dan melakukan relaksasi pada tubuh dapat membuat tidur lebih nyaman. Hal ini dapat dilakukan dengan mengambil napas tiga kali dengan lambat selama lima detik. Lemaskan tangan saat mengambil napas. Kemudian rasakan relaksasi yang menyebar di seluruh tubuh.

3. Menjaga makan dan minum

Ketika sedang merasa lapar, disarankan untuk tidak tidur karena akan membuat terbangun di tengah malam. Selain itu, hindari pula makan serta batasi konsumsi air sebelum tidur demi mencegah asam lambung naik. Banyak mengkonsumsi air juga dapat membuat terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

4. Rutin Berolahraga dan menggerakan tubuh

Kurang bergerak justru dapat membuat kualitas tidur menurun. Ketika di siang hari, upayakan untuk banyak bergerak, namun tidak sampai lelah. Rutin berolahraga dengan ringan atau berat dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Akan tetapi, hindari olahraga di saat yang berdekatan dengan waktu tidur.

 BACA JUGA:Ayu Thalia Blak-blakan di Persidangan, Ngaku Tidur Bareng dengan Nicholas Sean

5. Berhenti berusaha untuk tidur

Bekerja keras memang menghasilkan hal yang baik, tapi berbeda dengan tidur. Memaksa untuk tidur hanya akan menjadi bumerang tersendiri. Yang dapat kita lakukan hanyalah membuat diri kita nyaman, dan membiarkan tubuh tidur dengan sendirinya.

(DRM)