Share

Suka Cuci Muka Pakai Air Dingin, Mari Cek Manfaatnya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Mencuci wajah (Foto: Freepik)

MEMBERSIHKAN muka sudah jadi ritual perawatan sehari-hari dari setiap orang, baik itu pria, perempuan, tua atau pun muda.

Sebagian orang ada yang memilih menggunakan air hangat saat mencuci wajahnya. Nah, tapi ada juga sebagian orang yang lebih menyukai air dingin saat mencuci muka, salah satunya karena terasa lebih menyegarkan di kulit.

Well, jika dilihat dari segi kesehatan, sebetulnya apa sih manfaat dari mencuci muka dengan menggunakan air dingin? Merangkum Byrdie, Jumat (17/6/2022) sebagaimana dijelaskan para ahli dermatologi, yuk intip paparan singkat manfaat mencuci muka dengan air dingin di bawah ini.

1. Meredakan iritasi: Air bersuhu dingin, saat dipakai untuk membersihkan wajah disebut Dr. Debra Jaliman, MD dapat membantu mengatasi iritasi yang timbul akibat jerawat.

 

(Foto: Freepik)

2. Kurangi bengkak: Anda tipe orang yang wajahnya suka sembap (bengap) atau bengkak saat bangun di pagi hari? Nah, menurut Dr. Debra Jaliman, MD air suhu dingin bisa membantu mengurangi bengkak pada kulit loh! Terutama mata bengkak yang dialami banyak orang di pagi hari setelah bangun tidur.

3. Mencerahkan: Air dingin ternyata menyebabkan vasokonstriksi, yaitu penyempitan pembuluh darah yang dikatakan Dr. Rachel Nazarian, MD memberikan efek tampak lebih cerah dan tidak meradang sementara pada kulit.

Sebagai catatan, Dr. Debra Jaliman mengingatkan kalau air dingin mungkin tidak membersihkan wajah Anda dari bakteri dan polutan seefektif jika mencuci muka dengan air hangat. Selain itu, jika Anda tinggal di daerah yang bersuhu dingin. Mencuci muka dengan air dingin mungkin tidak senyaman jika dibandingkan mencuci muka dengan air hangat.

BACA JUGA:Cuci Muka Pakai Air Hangat atau Dingin? Ini Suhu Terbaik Versi Ahli Dermatologis

BACA JUGA:Cuci Muka Enggak Boleh Asal-asalan, Hindari Kesalahan Umum Ini

1
2