Share

Jangan Asal Diet, Begini Penjelasan Ahli Gizi agar Berat Badan Seimbang

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 20:12 WIB
$detail['images_title']
Tips diet agar berat badan seimbang (Foto: Timesofindia)

SEJAK pandemi hingga saat ini, membuat kesadaran tersendiri bagi masyarakat untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Termasuk dalam mengontrol berat badan atau diet, yang mana setiap tahunnya memiliki trennya tersendiri.

Dokter Spesialis Gizi, dr. Shiela Stefani M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, FINEM mengatakan, baiknya masyarakat memahami terlebih dahulu kondisi tubuhnya sebelum memulai diet yang tepat. Hal ini karena masih banyak ditemukan kasus di lapangan, sebagian orang salah menjalankan dietnya.

webinar diet

"Meskipun tren diet meningkat, masyarakat masih belum memahami diet yang baik dan benar untuk tubuh, sehingga banyak masyarakat melakukan diet yang salah," ujarnya saat peluncuran HaloDiet bersama Halodoc secara virtual, Selasa (14/06/22).

BACA JUGA : Mau Turunkan Berat Badan Tanpa Usaha Berat, Coba Cara Ini Yuk!

Dokter Shiela menjelaskan, melakukan diet bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Akan tetapi dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan baik, dan menjaga kandungan nutrisinya. Misalnya, memilih makanan sumber karbohidrat kompleks, sumber protein yang rendah lemak, menghindari lemak jenuh, serta mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi tubuh.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet, Mudah Dicari Kok

Selain itu tak lupa melakukan olahraga teratur, supaya membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Terdapat macam-macam diet yang banyak ditemukan, namun tidak semua jenis diet cocok untuk tubuh setiap orang. Sehingga, kata dia, juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa berkonsultasi dengan dokter juga menjadi hal penting sebelum memulai diet. Hal ini karena dokter akan membantu untuk mengenali kondisi, dan kebutuhan tubuh. Sehingga diet menjadi hal yang menyehatkan, bukan menambah risiko penyakit.

"Dokter juga akan memberikan memberikan rekomendasi seperti jenis suplemen yang bisa dikonsumsi untuk mendukung diet, hingga aktivitas dan gaya hidup sehat yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan proporsi tubuh," terangnya.

Sementara itu, VP Government Relations & Corporate Affairs Halodoc, Adeline Hindarto menambahkan, tren positif masyarakat untuk menjalani hidup sehat dan mengontrol berat badan harus diimbangi dengan akses layanan kesehatan. Agar nantinya masyarakat dapat menerapkan diet sehat secara tepat, sesuai dengan kondisi tubuh.

"Inovasi ini juga menjadi wujud dari komitmen kami untuk memperkuat ekosistem layanan kesehatan yang dapat diandalkan masyarakat kapanpun dan di manapun, termasuk untuk mendukung gaya hidup sehat," katanya.

1
2