Share

Kolesterol Tinggi? Ini 6 Olahraga yang Ampuh Menurunkannya

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 21:29 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Olahraga. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang orang-orang di seluruh dunia. Penyakit jantung pun bisa disebabkan banyak hal, tapi yang paling umum adalah karena kadar kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol memang dapat memicu resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Maka untuk menurunkan kadar kolesterol kamu disarankan untuk sering berolahraga.

Melansir dari laman hellosehat.com olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (kolesterol LDL) dari darah ke hati. Kemudian, kolesterol diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh.

Lantas olahraga apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol? Simak ulasannya berikut ini.

Jantung

Bersepeda

Sebuah studi dari Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda cenderung tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol daripada orang yang tidak bersepeda. Selain itu, bersepeda juga bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh kamu.

Jogging atau Jalan Cepat

Selanjutnya olahraga yang bisa membakar kadar kolesterol adalah jogging atau jalan cepat. Bahkan jogging dianggap lebih baik ketimbang lari.

Berlari

Jika dilakukan secara teratur, berlari bisa juga menurunkan kadar kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, berlari juga bisa menurunkan berat bada. Sehingga resiko terkena serangan jantung pun berkurang.

Latihan Ketahanan

Latihan ketahanan atau dikenal juga sebagai latihan beban. Untuk melakukan latihan beban, kamu bisa memulainya seperti push up, angkat besi, dan sit up. Berdasarkan jurnal Sports Medicine, mengatakan bahwa seseorang dengan kondisi pramenopause yang sudah menjalani sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya kurang dari 14 minggu.

Berenang

Salah satu olahraga yang dapat membantu memperkuat jantung dengan cara membuat kerjanya lebih efisien saat memompa darah, adalah berenang. Bahkan berenang juga ikut menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Yoga

Yoga juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Dengan melakukan yoga, maka akan membantu seseorang melatih otot, menjaga kesehatan mental, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

1
2