Share

3 Posisi Tidur Terbaik untuk Kondisi Kesehatan Tertentu

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tidur nyaman (Foto: Freepik)

POSISI tidur sangat berpengaruh besar dalam kenyamanan saat sedang tidur. Jika posisi tidur sudah salah dan tidak enak, maka tidur pun jadi kurang nyaman.

Tidur yang kurang nyaman sepanjang malam, akan menghasilkan kualitas tidur yang buruk. Alih-alih terbangun segar di pagi hari, saat bangun tidur justru bisa saja tubuh terasa sakit, linu, lemas atau berbagai keluhan lainnya.

Well, tidak hanya sekedar kenyamanan, ternyata beberapa posisi tidur diketahui baik untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Merangkum Huffingtonpost, Rabu (15/6/2022) yuk simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Tidur menyamping: Side sleeping alias tidur miring, seperti disebut Dr. David Greenwald, ahli bedah saraf, adalah posisi yang sangat ideal untuk orang yang memiliki masalah punggung atau leher, GERD dan sleep apnea (gangguan tidur). Posisi tidur ini juga direkomendasikan untuk orang yang suka mendengkur. Posisi tidur miring, dikatakan Dr. Chris Winter bisa membuat jalan napas orang dewasa lebih stabil ketika seseorang tidur daripada saat tidur telentang yang mana membuat lidah dapat lebih mudah tergelincir ke posisi yang menghalangi jalan napas.

BACA JUGA:Melakukan 5 Hal Ini Saat Tidur? Segera Periksa ke Dokter!

2. Back sleeping: Posisi ketika punggung menempel ke tempat tidur atau telentang ini tenyata bisa mengurangi titik-titik tekanan dan secara ortopedi jadi agak lebih stabil. Posisi tidur yang direkomendasikan untuk orang-orang yang mengalami nyeri bahu, pinggul atau lutut.

3. Stomach sleeping: Kebalikan dari back sleeping, posisi ini adalah menempatkan perut menempel ke tempat tidur (seperti tengkurap). Posisi tidur satu ini baik untuk orang yang menderita sleep apnea. Kenapa? Karena dengan posisi ini, arena saluran udara jadi lebih cenderung tetap terbuka dan membuat Anda bisa bernapas lebih mudah. Posisi perut jatuh bebas, berbaring tengkurap dengan tangan di atas bantal yang menopang ini juga disebut jadi posisi tidur terbaik untuk yang mengalami masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, maag dan perut mulas. Tapi perlu diperhatikan, kadang-kadang posisi seperti ini bisa membuat sulit tulang belakang selaras. Berhati-hatilah akan potensi nyeri otot dan leher.

1
2