Share

Kram Kaki Diduga Jadi Penyebab Hilangnya Eril di Sungai Aare, Begini 3 Cara Mencegahnya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 15:37 WIB
$detail['images_title']
Kram kaki membahayakan saat berenang (Foto: Healthily)

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Kang Emil harus kehilangan putra tercintanya di Sungai Aare di Swiss. Terdapat sejumlah dugaan yang membuat Eril sampai terseret arus sungai Aare.

Salah satu dugaan yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, putranya sebelum tenggelam diduga mengalami kram kaki. Akibatnya dia susah berenang melawan arus sungai yang sangat deras.

 Eril

"Pas kejadian kami duga ada kram. Fisiknya itu lebih tinggi dari saya, dia juga suka berenang, bahkan memiliki  lisensi menyelam. Jadi seharusnya aman-aman saja," ujar Ridwan Kamil dari kanal Youtube.

Selain dugaan kram kaki, air Sungai Aare memang sangat dingin karena dari salju yang mencair. Dalam cuaca dingin kadang kaki lebih mudah mengalami kram.

Sementara itu, dr Arman Yurisaldi Saleh MS SpS dari Rumah Sakit Satyanegara, Sunter menjelaskan, kontraksi otot yang menyebabkan kram otot bisa terjadi di jari-jari kaki dan tangan. "Munculnya kram otot bisa terjadi sewaktu-waktu."

“Kram otot ini merupakan kontraksi otot yang menimbulkan rasa nyeri yang sangat luar biasa dan impolunter. Artinya, bukan yang dikehendaki pasien. Kram ini juga bisa karena rangsangan yang disengaja atau secara otomatis muncul dengan sendiri,” terangnya.

Menurutnya, tubuh yang mengalami dehidrasi dan kekurangan elektrolit juga bisa mengganggu otot untuk dapat berkontraksi dan melemas secara nyaman. Akibatnya tubuh bisa kena kram.

 BACA JUGA:Lukis Wajah Eril, Sang Adik Sampaikan Pesan Sejuta Kenangan

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya kram kaki saat berenang?

Follow Berita Okezone di Google News

Cara mencegah terjadinya kram kaki saat berenang

1. Tetap terhidrasi

Seperti dilansir dari Swimming org, hal pertama yang harus diingat sebelum renang adalah tetap terhidrasi, tidak hanya dengan air, tetapi dengan elektrolit. Selain itu harus makan makanan sehat agar membantu tubuh Anda sebelum dan sesudah renang agar tidak kram.

2. Lakukan peregangan

Kedua, melakukan peregangan sangat penting untuk menjaga kelenturan otot Anda. Ini harus disertakan dalam pemanasan sebelum berenang agar mengurangi risiko kram kaki.

3. Lakukan peregangan otot tertentu

Cobalah melakukan berbagai peregangan untuk otot betis, otot kaki. Dan tahan setiap peregangan selama dua menit dalam interval 10, 20, atau 30 detik.

1
2