Share

Tidur dengan Pasangan Ternyata Lebih Sehat daripada Tidur Sendirian

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tidur dengan pasangan (Foto: Freepik)

TIDUR sama-sama memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, sama halnya dengan makanan atau minuman.

Kurang tidur atau tidak mendapatkan tidur dengan kualitas yang baik, dapat berpengaruh buruk kepada kesehatan mental dan fisik. Kurang tidur kronis sendiri, berhubungan dengan masalah kesehatan yang serius seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, stroke, dan depresi.

Nah, bagi Anda yang selama ini langganan mengalami kesulitan tidur. Mungkin solusinya adalah mulailah tidur dengan pasangan. Kenapa demikian? Mengutip Healthsite, Rabu (15/6/2022) dari studi baru yang digelar para peneliti di University of Arizona menyebutkan, bahwa orang dewasa yang tidur bersama dengan pasangan itu, ounya tidur yang lebih baik daripada orang-orang yang tidur sendirian.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang dewasa yang tidur bersama dengan pasangannya tersebut, keparahan insomnianya berkurang, lelahnya berkurang, dan punya waktu tidur yang lebih banyak dibandingkan orang yang tidur sendiri.

Tidak hanya itu, orang yang tidur bersama pasangan juga lebih cepat jatuh tertidur, tidurnya lebih lama (setelah jatuh tertidur) dan punya risiko sleep apnea (gangguan tidur) yang lebih rendah.

Sementara jika dilihat dari aspek kesehatan mental, dalam studi ini juga disebut bahwa tidur bersama pasangan atau teman tidur berhubungan dengan level depresi yang lebih rendah, support sosial yang lebih baik, dan kepuasan akan hidup dan hubungan yang lebih baik pula.

Kontras dengan hal di atas, tidur sendirian disebut memiliki kaitan dengan depresi yang lebih tinggi, support sosial yang lebih rendah, serta kepuasan akan hidup dan hubungan yang lebih kecil pula.

BACA JUGA:Melakukan 5 Hal Ini Saat Tidur? Segera Periksa ke Dokter!

BACA JUGA:Studi: Tidur Membantu Memperkuat Emosi Positif

1
2