Share

Jangan Abaikan Kutu Rambut, Ini 6 Cara Mengatasinya!

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 05:00 WIB
$detail['images_title']
Kutu bikin gatal (Foto: All things hair)

RAMBUT yang ada kutunya membuat kepala terasa sangat gatal dan ingin menggaruknya terus-menerus. Pasti sangat memalukan jika kepala terasa sangat gatal di depan umum.

Memiliki kutu rambut di kepala sangat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Ini karena jika kutu menghisap darah Anda, maka kulit kepala akan terasa gatal.

Tetapi jangan khawatir, karena melansir Westchester Health terdapat sejumlah cara guna mengatasi kutu rambut. Apa saja?

 kepala terasa gatal

1. Sisir dalam keadaan basah

Anda tidak dapat menyingkirkan kutu sampai Anda mengambil semua telurnya. Ini harus dilakukan bersamaan dengan hampir semua perawatan lainnya. Rambut harus basah dan diberi pelumas, seperti kondisioner.

Pertama, sisir rambut bagian demi bagian, mulai dari kulit kepala dengan sisir logam bergigi rapat untuk menghilangkan kutu dan telur kutu. Setelah menyisir, gunakan lampu tambahan untuk menemukan dan mengambil kutu.

2. Pakai sampo pembasmi kutu

Pyrethrum, bahan aktif dalam sampo pembasmi kutu berasal dari bunga krisan yang mengandung insektisida alami yang disebut pyrethrins. Oleskan ke rambut kering dan bersih yang tidak menggunakan produk apa pun, tunggu 10 menit, lalu tambahkan air hingga berbusa dan bilas.

Kemudian, sisir menggunakan sisir kutu. Aplikasi kedua direkomendasikan 7-10 hari kemudian untuk membunuh kutu hidup yang tersisa. Awasi anak Anda untuk reaksi alergi.

3. Minyak zaitun

Obat rumahan ini dapat meredakan dan membunuh kutu tetapi perlu dioleskan semalaman di bawah shower cap karena kutu dapat bertahan hidup tanpa bernafas selama berjam-jam.

Anda juga harus menyisir rambut anak Anda setelahnya untuk menghilangkan kutu, tetapi minyak zaitun akan membantu melonggarkannya dari batang rambut.

 BACA JUGA:Cara Merawat Rambut Ikal Agar Sehat dan Menarik

4. Petroleum jelly

Seperti minyak zaitun, petroleum jelly dipercaya dapat mencekik kutu dengan menyumbat lubang pernapasan mereka. Untuk hasil terbaik, lapisi rambut dan kulit kepala, tutup semalaman dengan shower cap, dan cuci keesokan paginya. Sisir untuk telur kutu. Ulangi perawatan satu minggu kemudian.

5. Pakai cuka

Beberapa orang menemukan bahwa cuka melarutkan lem lengket yang digunakan kutu betina untuk menempelkan telurnya ke batang rambut.

Juga, kami telah melihat bahwa melapisi rambut dengan cuka setelah menggunakan perawatan pembunuh kutu dan sebelum menyisir telur kutu bekerja dengan baik.

6. Pakai lotion benzil alkohol 5%

Lotion resep ini bekerja dengan melumpuhkan alat pernapasan kutu. Untuk menggunakan, basahi rambut dan kulit kepala yang kering dengan lotion, tunggu 10 menit, lalu bilas. Gunakan sisir kutu setelahnya untuk membantu menghilangkan telur kutu dan kutu mati.

1
2