Share

Hari Donor Darah Sedunia, Simak 5 Manfaatnya bagi Kesehatan Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 11:40 WIB
$detail['images_title']
Donor darah bermanfaat bagi kesehatan (Foto: im staying)

HARI donor darah sedunia diperingati setiap 14 Juni 2022. Peringatan ini bisa dilakukan dengan mendonorkan darah kepada sesama yang membutuhkan.

Nah, apa saja sih manfaat donor darah bagi kesehatan? Dilansir dari laman rasmussen, berikut ini sejumlah manfaat donor darah bagi kesehatan.

 Donor darah

1. Dapat mengecek kesehatan

Sebelum donor darah, Anda akan menjalani pemeriksaan denyut nadi, suhu tubuh, hemoglobin, dan lainnya. Mendonor darah dapat menjadi cara lain untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Mengurangi penyimpanan zat besi yang berbahaya

Penyakit yang menyebabkan kelebihan zat besi atau istilah kedokterannya disebut juga Hemochromatosis. Dengan melakukan pengangkatan sel darah merah dengan proses mengeluarkan darah atau menyumbangkan darah adalah pengobatan pilihan untuk pasien dengan kelebihan zat besi dalam darah.

3. Mengurangi risiko serangan jantung

Jika ada kadar zat besi tinggi dalam darah, hal tersebut dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat lebih banyak risiko serangan jantung. Dengan mendonorkan darah maka bisa menghilangkan simpanan zat besi ekstra, hal ini dapat memberi lebih banyak ruang bagi pembuluh darah untuk beroperasi.

4. Mengurangi risiko kanker

Menurut sebuah penelitian, donor darah bisa menurunkan risiko kanker. Proses mengeluarkan darah diketahui dapat dijadikan sebagai metode pengurangan zat besi yang berkaitan dengan risiko kanker dan kematian yang lebih rendah.

 BACA JUGA:MNC Peduli Gelar Donor Darah, PMI: Antusias Pendonor Luar Biasa

5. Membantu hati tetap sehat

Salah satu bahaya kelebihan zat besi ialah terganggunya kesehatan hati. Mendonor darah dapat membantu meringankan beberapa simpanan zat besi tersebut yang dapat menghindari masalah ekstra di hati.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)