Share

Jangan Kalap di Kondangan! Ini 5 Bahaya Makan Berlebihan

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 06:02 WIB
$detail['images_title']
Makanan berlimpah di kondangan (Foto: Femina India)

MAKAN berlebihan ternyata tak baik bagi kesehatan tubuh. Namun makan berlebihan kadang terjadi saat kita menghadiri sebuah pesta, misalnya pesta kondangan.

Beragam hidangan soto, sup iga, sate, pasta, piza, burger, juga berbagai kue-kue manis dan minuman manis nan segar begitu menggugah selera saat kondangan.

Namun Bestie, jangan biasakan diri kalap makan saat menghadiri pesta kondangan ya. Sebab banyak efek samping. Lalu apa saja bahaya makan berlebihan?

 makan di kondangan

1. Kolesterol naik

Makan makanan tinggi kolesterol misalnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh contohnya kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng bisa memicu lonjakan kolesterol.

Spesialis Gizi Klinis, dr Sheena R. Angelia, M.Gizi, SpGK menyebutkan, jika kondisi ini ditambah kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan timbulnya dislipidemia yang memicu timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Seperti dilansir dari WebMD, studi menunjukkan bahwa orang yang makan berlebihan juga memiliki efek samping dengan menjadi lebih berisiko terkena diabetes tipe 2. Diabetes bisa menjadi penyakit seumur hidup yang membutuhkan perawatan berkelanjutan.

2. Bikin pencernaan tak nyaman

Mengutip The National News, Dr Farhana bin Lootah, spesialis penyakit dalam di Mubadala Health's Imperial College London Diabetes Centre mengatakan makan berlebihan membuat sistem pencernaan kita jadi tidak nyaman.

“Jika Anda membebani sistem pencernaan dengan makan berlebihan, Anda berisiko mengalami ketidaknyamanan seperti kram perut, mulas dan mual,” ujar Dr. Farhana.

 BACA JUGA:Apa Olahraga yang Cocok bagi Penderita Obesitas?

3. Merusak sistem pencernaan

Dikutip dari Qatar Tribune, ahli gizi klinis Hamad Medical Corporation, Ra’ed Alalaween menyebutkan, makan berlebihan apalagi makanan yang tinggi gula, lemak, dan garam ternyata bisa merusak sistem pencernaan tubuh. Bisa menyebabkan muntah, diare, kram perut, berat badan naik, dan sakit perut.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Berisiko obesitas

Dampak makan berlebihan membuat tubuh menyimpan kalori ekstra sebagai lemak. Jika ini dilakukan terus-menerus maka bisa menimbulkan obesitas. Kelebihan kalori dari karbohidrat dan lemak jauh lebih rentan untuk meningkatkan lemak tubuh yang berakhir obesitas.

5. Perut kembung

Rasa tidak nyaman satu ini biasanya erat hubungannya karena makan yang berlebihan. Tapi makan berlebihan bisa menimbulkan masalah bagi orang dengan masalah kesehatan kronis tertentu. Contohnya kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, atau diabetes.

1
2