Share

Varian BA.4 dan BA.5 Gampang Menular, Epidemiolog: Disiplin Pakai Masker!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 12:30 WIB
$detail['images_title']
Pakai masker (Foto: Freepik)

SUBVARIAN BA.4 dan BA.5 yang merupakan turunan Omicron diyakini gampang menular. Hal itu karena jenis mutasi subvarian ini disebut mirip dengan varian Delta, yaitu L452.

Mutasi L452 tersebut mudah sekali menempel di reseptor ACE2 yang banyak ditemukan di saluran pernapasan manusia. Melihat karakteristik dari BA.4 dan BA.5, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman mengimbau masyarakat untuk kembali memperketat protokol kesehatan dengan taat memakai masker.

"Subvarian BA.4 dan BA.5 mudah sekali menginfeksi manusia karena punya mutasi yang mirip dengan varian Delta. Karena hal itu, disiplin pakai masker menjadi penting pun aturan PPKM demi menekan penyebaran virus di masyarakat," kata Dicky pada MNC Portal, Senin (13/6/2022).

Subvarian BA.4 dan BA.5 sendiri dipercaya tidak begitu ganas, jika dibandingkan dengan Delta atau Omicron sekalipun. Meski demikian, Dicky mengingatkan masyarakat diharapkan tidak cuek akan protokol kesehatan, karena sejatinya Covid-19 belum hilang dan masih ada di sekitar kita.

BACA JUGA:5 Fakta Varian BA.4 dan BA.5 yang Masuk Indonesia, Benar Lebih Ganas?

BACA JUGA:Kronologi Lengkap 4 Pasien Varian BA.4 dan BA.5 yang Sudah Masuk ke Indonesia

Follow Berita Okezone di Google News

Selain tetap disiplin menjalani protokol kesehatan, Dicky menyebut salah satu senjata lain untuk memproteksi diri ialah dengan melengkapi dosis vaksin Covid-19 bahkan menambahkan dosis ketiga untuk menghalau virus BA.4 dan BA.5.

"Penting bagi yang belum sama sekali divaksin untuk melengkapi dosis vaksin, bahkan menambahkan dosis ketiga. Ini modal yang baik untuk menahan laju penyebaran BA.4 dan BA.5," ungkap Dicky.

Sementara itu, bagaimana dengan mereka yang sudah disuntik 3 dosis, bolehkan sedikit lebih longgar perihal prokes?

Dicky menegaskan, bagi masyarakat yang sudah menerima vaksin tiga dosis, tetap harus patuh akan protokol kesehatan. Terutama memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun.

"Masker tetap penting sekalipun sudah vaksin tiga dosis, penggunaan masker juga diperlukan untuk menahan laju penularan. Sebab subvarian BA.4 dan BA.5 ini walau dominan tidak menyebabkan gejala, tapi ingat, Anda tetap bisa menularkan ke orang lain dan mungkin mereka rentan yang berisiko alami keparahan hingga kematian," tegasnya.

1
2