Share

Marshanda Idap Tumor Payudara, Terapkan 4 Gaya Hidup Ini Bantu Mencegahnya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 20:48 WIB
$detail['images_title']
Tumor payudara bisa dicegah dengan gaya hidup sehat (Foto: Timesofindia)

TUMOR payudara menjadi penyakit yang diperbincangkan usai artis cantik Marshanda didiagnosis menderitanya. Marshanda sendiri sedang berjuang menjalani pengobatan di Singapura.

Sampai saat ini penyebab pasti tumor payudara belum diketahui. Hanya beberapa faktor meningkatkan risiko munculnya tumor payudara, paling sering genetik dan kini gaya hidup tidak sehat.

Karena itu, menerapkan gaya hidup sehat merupakan langkah pencegahan dari tumor payudara. Berikut gaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah tumor payudara seperti dikutip Medicalnewstoday, Jumat (10/6/2022).

Latihan fisik

Olahraga di Rumah

Berolahraga 5 hari seminggu telah terbukti mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker payudara. Para peneliti dari University of North Carolina Gillings School of Global Health Public di Chapel Hill melaporkan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara.

BACA JUGA : 7 Penyebab Tumor Payudara seperti yang Diidap Marshanda, Jangan Pikir Cuma Faktor Genetik!

BACA JUGA : Mengenal 10 Tanda Tumor Payudara Ganas, Yuk Cek Sejak Dini!

Diet

Beberapa ahli mengatakan bahwa wanita yang mengikuti diet sehat seimbang dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Sebuah studi yang diterbitkan dalam BMJ 2013 menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi ikan dan asam lemak tak jenuh ganda memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Terapi hormon pasca menopause

Membatasi terapi hormon dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Hal ini penting bagi pasien untuk membahas pro dan kontra secara menyeluruh dengan dokter.

Berat badan

Wanita yang memiliki berat badan sehat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang obesitas. Karena itu, selalu menjaga berat badan tetap sehat.

1
2