Share

Jasad Eril Ditemukan Utuh, Dokter Sebut Air Dingin Punya Andil Besar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 15:30 WIB
$detail['images_title']
Emmeril Kahn (Foto: Instagram @emmerilkahn)

JASAD Emmeril Khan Mumtadz (Eril), anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya ditemukan setelah kurang lebih 14 hari pencarian.

Tubuh Eril teridentifikasi, ditemukan di Bendungan Engehalde pukul 06.50 waktu Swiss dan dalam keadaan masih utuh. Kondisi tubuh almarhum Eril yang masih utuh, walau sudah dua pekan terseret arus dan tenggelam di dasar sungai memang jadi pertanyaan banyak masyarakat awam.

Dilihat dari kacamata medis, apakah memang mungkin seseorang yang tenggelam, menghilang beberapa hari, tapi jasadnya masih bisa utuh? Dokter dan pakar kesehatan, dr.Dicky Budiman menjelaskan bahwa situasi seperti ini sangat mungkin terjadi, terlebih jika jasadnya berada di suhu yang dingin.

BACA JUGA: Mengenal Manfaat Eucalyptus, Daun yang Aroma Wanginya Tercium dari Jasad Eril

BACA JUGA:Jasad Eril Ditemukan, Kekasih Tulis Pesan Mengharukan

"Di Antartika sana, di Kutub Utara atau Kutub Selatan, suka ditemukan jasad manusia masih utuh. Begitu juga dengan jasad hewan," kata dr. Dicky Budiman saat dihubungi MNC Portal, Jumat (10/6/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Pada kondisi tertentu, jasad yang tenggelam di air juga bisa ditemukan tetap utuh. Hal ini karena air memperlambat proses pembusukan tubuh manusia.

"Nah, apalagi kalau airnya dingin, itu tentu bisa memperlambat proses pembusukan tubuh manusia yang tenggelam," jelas dr. Dicky lagi.

"Apalagi kalau tenggelamnya masih kurang lebih 3 minggu, ya, normal kalau ditemukan masih utuh," lanjutnya.

Senada dengan dr. Dicky, ayahanda Eril, Ridwan Kamil dalam keterangan di akun Instagram pribadinya sudah menyebutkan memang jasad putra tercintanya tersebut bisa ditemukan utuh karena kondisi air sungai Aare yang sangat dingin.

1
2