Share

Angka Kasus Covid-19 Tembus 500 Tiga Hari Berturut-Turut, Ini Penyebabnya!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 14:03 WIB
$detail['images_title']
Covid-19 (Foto: Freepik)

ANGKA kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami kenaikan. Peningkatan ini diketahui terjadi selama tiga hari berturut-turut.

Data Kementerian Kesehatan pada 7 Juni 2022, mencatat ada pertambahan sebanyak 518 kasus. Kemudian per 8 Juni 2022 bertambah lagi sebanyak 518 kasus dan terakhir pada Kamis 9 Juni kemarin, kembali bertambah hingga 556 kasus.

Kenaikan angka kasus positif ini, disebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, salah satunya dipicu karena momen liburan hari raya.

"Secara historis kalau kita lihat, kenaikan itu bukan 3 hari setelah hari raya. Tetapi antara 27 hari sampai 35 hari sesudah hari raya besar Natal maupun Lebaran kemarin," ujar Menkes Budi ketika ditemui dalam acara konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jumat (10/6/2022).

 

(Foto: MPI/Kevi Laras)

Ia menyebut, kenaikan angka kasus Covid-19 merupakan hal yang normal, sebagai akibat dari setiap ada momen liburan panjang atau hari raya keagamaan dan juga hadirnya varian baru yang terdeteksi seperti varian Omicron BA.4 dan BA.5 yang disebut menjadi biang kerok dari ancaman gelombang baru di Singapura.

"Sekarang sekarang ini, jadi kenaikan itu pertama memang normal setiap hari raya pasti ada kenaikan. Kita juga ada varian baru, baru kita identifikasi tadi malam tapi itu sebetulnya kejadiannya sudah akhir Mei dari dua fakta itu memang pasti akan ada kenaikan," jelas Menkes Budi.

BACA JUGA:Menkes Budi: Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Ada di Indonesia

BACA JUGA:Gerak Cepat, Kemenkes Siapkan Dana Persiapan Pandemi

1
2