Share

Pasien Penyakit Jantung Perlu Diberikan Rasa Tenang saat Berobat Jalan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 14:34 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Penyakit Jantung. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kardiovaskular memang menjadi penyebab nomor satu kematian di dunia. Di Indonesia sendiri, penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit dengan biaya kesehatan tertinggi.

Tiap tahunnya, penderita penyakit jantung terus bertambah. Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia menderita penyakit kardiovaskular.

Tapi, banyak orang memang takut ketika harus datang ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Dikatakan Dr. dr. Jusuf Rachmat., Sp.B., Sp.BTKV(K)MARS, para pasien memang harus mendapatkan rasa tenang dan nyaman ketika ingin menjalani pengobatan.

"PoliKlinik Griya Kardia by RS Jantung Jakarta, salah satu layanan yang secara spesifik menangani masalah jantung dihadirkan dengan suasana yang memberikan rasa tenang, nyaman, dan aman pada saat berobat rawat jalan maupun saat melakukan Medical Check Up," jelas dr Jusuf dari Rumah Sakit Jantung Jakarta dalam keterangan tertulisnya.

Sakit Jantung

"Bahkan, akan lebih paripurna lagi jika layanan kesehatan itu didukung dengan peralatan medis dengan teknologi mutakhir, pengobatan, sekaligus pelayanan terbaik dari tim medis dan non-medis yang berkualitas di bidangnya," tambah dr Jusuf.

Rumah Sakit Jantung Jakarta sendiri didirikan pada 5 Juli 2013. Selain dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah, Spesialis Anak konsultan Jantung Anak, dan Spesialis Bedah Jantung, Rumah Sakit Jantung Jakarta juga menyediakan layanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Saraf, Spesialis Paru, Rehabilitasi Medik, Spesialis Gizi, dan lain-lain.

Saat ini, terdapat beberapa jenis penyakit jantung, antara lain:

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh tumpukan plak maupun zat-zat kimia dari makanan dan minuman. Hal tersebut membuat adanya penggumpalan darah pada bagian arteri sehingga aliran darah terganggu.

Kelainan Irama Jantung

Kelainan irama jantung atau aritmia merupakan kondisi dimana laju irama jantung tidak normal. Laju dapat terasa terlalu cepat, terlalu lambat, atau iramanya tidak teratur. Pada umumnya kelainan irama jantung tergolong tidak berbahaya, dapat menimbulkan gejala dan komplikasi yang parah apabila penyakit ini muncul karena adanya kondisi gangguan jantung lemah atau rusak.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan sebagian besar disebabkan adanya kelainan struktur maupun fungsi jantung sejak bayi dalam kandungan. ASD (Atrial Septal Defect) dan VSD (Ventricular Septal Defect) atau yang lebih dikenal sebagai jantung bocor merupakan penyakit jantung bawaan yang umum terjadi. Penyakit jantung bawaan dapat terjadi karena keturunan genetik dari salah satu atau kedua orang tua.

Kelainan Katup atau Klep Jantung

Kelainan klep jantung merupakan penyakit yang terjadi ketika katup jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Katup jantung yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan darah dapat mengarah balik dan sulit keluar dari jantung. Kondisi ini juga dapat menyebabkan terbentuknya lubang kecil pada sekat jantung yang disebut jantung bocor.

Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah dengan optimal sehingga darah yang dipompa tidak membawa oksigen dan nutrisi yang cukup dan tubuh menjadi kesulitan untuk mendapat kebutuhannya.

1
2