Share

Menkes Budi: Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Ada di Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 12:35 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi (Foto: MPI/Sukardi)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin baru saja mengumumkan bahwa Omicron varian BA.4 dan BA.5 sudah ditemukan di Indonesia.

Laporan ini sekaligus sebagai peringatakan kepada masyarakat luas bahwa pandemi Covid-19 sejatinya memang belum selesai.

"Omicron BA.4 dan BA.5 sudah ditemukan di Indonesia, tepatnya di Bali. Ada 4 orang yang dikonfirmasi terinfeksi BA.4 dan BA.5," kata Menkes Budi saat ditemui di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Terkait dengan detail kondisi pasien, Menkes Budi belum bisa memberi tahu kepada publik. Termasuk apa saja gejala yang dialami, jenis kelamin pasien , hingga riwayat perjalanan ke negara tertentu.

 

(Foto:MPI/Sukardi)

Dalam kesempatan yang sama, Menkes Budi menjelaskan terkait karakter varian BA.4 dan BA.5 yang ternyata tidak jauh berbeda dengan Omicron original.

BACA JUGA: Singapura Bersiap Hadapi Gelombang Omicron, Menkes: Kekebalan WNI Masih Kuat

BACA JUGA:Vaksin Booster Modifikasi Moderna Diklaim Kuat Lawan Omicron, Begini Faktanya!

Varian BA.4 dan BA.5 disebut Menkes Budi punya kemampuan menghindari imunitas yang dibentuk oleh vaksin dan penularannya pun sama cepatseperti Omicron. Dua karakter ini, perlu diperhatikan serius oleh masyarakat.

Meski terdeteksi sudah ada di Indonesia, Menkes Budi menyebut saat ini situasinya masih terkendali, terlebih imunitas masyarakat Indonesia dinilai masih cukup kuat memberi perlindungan terhadap varian tersebut. Namun ia mengimbau, selain tidak panik berlebihan, masyarakat juga wajib melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak usah panik tapi tetap waspada. Pakai masker jika berada di dalam ruangan atau di tempat yang banyak orang. Kalau di luar ruangan dan tidak banyak orang, boleh lepas," tutupnya.

1
2