Share

Pasien Didiagnostik Demam Berdarah 3 Kali, Ternyata Malah Kena Kanker Darah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 14:45 WIB
$detail['images_title']
Gejala kanker darah susah dideteksi (Foto: Shutterstock)

DOKTER Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi Dr. Nadia Ayu Mulansari SpPD, K-HOM mengatakan, kanker darah memang tak memiliki gejala yang spesifik sehingga penderita sering tak sadar terkena kanker darah.

Namun, ujar dia, gejala yang umum termasuk demam yang tidak dapat dijelaskan dan terjadi secara timbul-hilang, memar atau pendarahan yang tidak dapat dijelaskan, serta penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

 kanker

Gejala-gejala lainnya, terang dia, walaupun tak selalu muncul, termasuk badan terasa lemas, kelelahan, nyeri pada tulang dan sendi, sesak nafas, ruam dan gatal-gatal, keringat malam, pembengkakan kelenjar getah bening, hati, dan limpa, hingga pada beberapa kasus Hemoglobin (Hb) turun atau trombosit turun.

Apabila demam terjadi secara sering dan sudah lama serta penurunan berat badan yang penyebabnya tidak diketahui, ditambah keluhan-keluhan lain yang terkait kanker darah, Nadia menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan darah terlebih dahulu.

“Jika ada gejala-gejala seperti ini harus segera datang ke dokter untuk dicari tahu apakah ada kelainan yang lain, walaupun belum tentu ada gejala ada kelainan darah atau kanker darah,” tegas Dokter Nadia.

Sebagai spesialis hematologi, ia bercerita dirinya tidak jarang menangani para pasien yang sebelumnya pernah didiagnostik demam berdarah tiga hingga empat kali dalam satu tahun. Ketidakwajaran gejala tersebut, kata Nadia, seharusnya dapat lebih disadari sejak dini.

“Padahal Hb-nya juga rendah, sedangkan kalau demam berdarah itu Hb-nya biasanya pasti tinggi. Jarang demam berdarah yang Hb-nya rendah,” tuturnya.

Seperti dilansir dari Antara, Dokter Nadia menjelaskan, biasanya pasien yang mengalami gejala tertentu mulanya akan memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis yang terkait dengan keluhan pada salah satu organnya. Jika dokter non-hematolog memiliki pemahaman terhadap gejala yang mengarah ke kanker darah, maka penanganan dapat lebih cepat.

 BACA JUGA:Sangat Sulit Dideteksi, Kenali 8 Gejala Kanker Darah yang Paling Umum

“Tidak kami pungkiri masih banyak juga yang belum cukup waspada dengan hal ini. Karena nyeri sendi, jadi datangnya ke dokter saraf atau dokter tulang. Kadang-kadang sudah dioperasi baru ketahuan ada multiple myeloma (kanker yang menyerang plasmosit) misalnya,” kata Dokter Nadia.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)