Share

Waspada Cuaca Ekstrem, 4 Penyakit Ini Bisa Bikin Kesehatan Ambruk!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 10:00 WIB
$detail['images_title']
Sejumlah penyakit intai kesehatan saat cuaca ekstrem (Foto: Medicaldaily)

CUACA ekstrem, seperti tiba-tiba panas lalu hujan, bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Tidak jarang, cuaca seperti itu menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh.

Mengapa? Sebab, cuaca yang tak menentu bisa menyebabkan virus dan bakteri berkembang lebih pesat. Apalagi bila di saat yang bersamaan, imun tubuh juga sedang melemah.

Lantas, apa saja sih penyakit yang mengintai saat cuaca ekstrem? Berikut daftarnya, seperti dirangkum pada Kamis (9/6/2022).

Batuk

Cuaca Ekstrem

Penyakit yang mengintai saat cuaca tak menentu di urutan pertama adalah batuk. Cuaca yang panas terik, hujan, debu, dan berangin bisa menyebabkan penyakit batuk dari bakteri maupun virus. Seperti kita ketahui, batuk adalah mekanisme pertahan tubuh saat saluran pernapasan sedang berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau lendir di saluran napas.

BACA JUGA : 4 Asupan Sehat untuk Menghadapi Cuaca Ekstrem, Konsumsi Yuk!

BACA JUGA : Cuaca Ekstrem, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Biar Gak Gampang Sakit!

Flu

Penyakit yang mengintai berikutnya yakni flu. Ini menjadi penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Rhinovirus. Ketika kondisi cuaca tidak sedang menentu dan angin berembus kencang, virus akan mudah menyebar. Apalagi bila daya tahan tubuh sedang lemah.

Diare

Berikutnya yakni penyakit diare. Kondisi yang satu ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun higienitas seperti air yang tidak bersih. Apalagi diare bisa menyerang bila daya tahan tubuh rendah. Gejala diare sendiri meliputi perut mulas, buang air besar dengan tinja encer, pusing, lemas, hingga pucat.

Demam berdarah

Penyakit yang mengintai saat cuaca tak menentu lainnya yakni demam berdarah. Seperti diketahui, penyakit demam berdarah atau DBD disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Nyamuk ini berkembang biak di tempat yang lembab. Gejala DBD ini di antaranya demam tinggi, otot nyeri, sakit kepala, mual dan muntah, lelah, dan muncul ruam merah. Segera ke rumah sakit bila mengalami gejala tersebut

1
2