Share

Cuaca Ekstrem, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Biar Gak Gampang Sakit!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 16:15 WIB
$detail['images_title']
Cuaca ekstrem tak menentu (Foto: Okezone)

SAAT ini cuaca ekstrem sedang melanda Tanah Air, kadang dari panas menyengat tiba-tiba hujan lebat disertai angin kencang. Nah, menghadapi cuaca ekstrem tentu kita wajib menjaga kesehatan biar gak gampang sakit.

Dikutip dari Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di saat cuaca ekstrem tak menentu. Apa saja?

 konsumsi sayur dan buah

1. Banyak konsumsi buah dan sayur

Antioksidan pada buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri. Buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Konsumsi protein

Direkomendasikan untuk mengonsumsi protein seperti telur dan daging untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan ayam, telur, susu bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Jangan lupa olahraga

Rutin berolahraga setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

 BACA JUGA:Cuaca Tidak Menentu, Konsumsi 3 Asupan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Yuk!

4. Mengendalikan stres

Stres akut dan berkepanjangan dapat mengurangi daya tahan tubuh dan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, kendalikan stres dengan beraktivitas produktif agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jangan lupa belajar hidup bahagia agar lebih meningkat imunitasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak dan cukup merupakan bagian dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu istirahat yang cukup dapat mengoptimalkan fungsi imun yang dapat mencegah dari berbagai penyakit.

6. Menjaga hidrasi

Menjaga hidrasi tubuh sangat penting. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan yang membahayakan kesehatan. Minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari untuk menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi pada tubuh.

1
2