Share

Kenali Gejala Kanker Serviks, Penyakit dr Lois Owien Sebelum Meninggal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 10:25 WIB
$detail['images_title']
Kenali gejala kanker serviks, penyakit dr Lois Owien sebelum meninggal (Foto: Timesofindia)

DOKTER Lois Owien meninggal dunia, Senin (6/6/2022). Sebelum meninggal, dr Lois Owien sakit kanker serviks yang sudah dideritanya sejak 6 bulan terakhir.

Sosok dr Lois Owien sempat mengejutkan publik dengan pernyataannya yang tidak percaya pada Covid-19. Namanya semakin heboh dibicarakan setelah dia diundang beberapa stasiun televisi untuk mengemukakan pandangannya tersebut.

dr lois owien

(Foto: YouTube/ra135)

Kanker serviks yang diidap dr Lois sebelum meninggal dunia adalah penyakit yang sangat berisiko bagi setiap perempuan, tidak memandang usia maupun gaya hidup. Kanker serviks sendiri merupakan kanker yang tumbuh di sel leher rahim.

BACA JUGA : dr Lois Owien Meninggal Dunia Sakit Kanker Serviks, Terkenal karena Tak Percaya Covid-19

BACA JUGA : Meninggal, Ini Profil dr Lois Owien yang Terkenal karena Tidak Percaya Covid-19

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali perempuan bila dirinya punya kanker serviks. Namun, pada stadium awal umumnya gejala tidak tampak. Tapi, saat stadium kanker berlanjut, menurut Mayo Clinic, Rabu (8/6/2022), gejalanya berupa:

1. Pendarahan Miss V setelah berhubungan seksual antara periode atau setelah menopause

2. Keputihan berair dan berdarah yang mungkin banyak dan berbau busuk

3. Nyeri panggul atau nyeri saat berhubungan intim.

Lebih lanjut, kanker serviks itu dimulai ketika sel-sel sehat di serviks mengalami perubahan atau mutasi DNA. Mutasi tersebut memberitahu sel untuk tumbuh dan berkembang biak di luar kendali dan mereka tidak mati. Akumulasi sel abnormal membentuk tumor.

"Sel kanker kemudian menyerang jaringan di sekitarnya da dapat menyebar atau bermetastase ke tempat lain di tubuh," terang laporan kesehatan tersebut.

(hel)