Share

Sakit Maag Kumat, Coba Atasi dengan 4 Obat Herbal Ini!

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 17:53 WIB
$detail['images_title']
Sakit maag kumat (Foto: freepik)

MENGALAMI sakit maag memang tak enak. Apalagi sakit perut tersebut cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya bisa banyak, seperti terlambat makan, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam, atau stres.

Namun, untuk mengatasinya tidak perlu dikhawatirkan apa lagi harus membeli obat di warung atau apotek. Ternyata ada beberapa obat herbal bisa membantu untuk mengatasi maag.

 madu

1. Madu

Terkenal rasanya yang manis, madu dikenal mampu mengatasi sakit perut, seperti kembung dan maag. Madu memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa membantu mengatasi masalah lambung.

Dalam tinjauan klinis diterbitkan oleh theJurnal Medis Inggris, para peneliti menyarankan bahwa sifat kental madu dapat membantu menjaga asam tetap rendah. Salah satu anggota tim melihat perubahan dari gejala sakit maag setelah mengkonsumsi lima mililiter (sekitar satu sendok teh) madu biasa.

2. Jahe Merah

Salah satu bumbu dapur yang dikenal bersifat anti peradangan yang bermanfaat untuk pasien masalah lambung dan dapat meredakan rasa mual. Juga disebut sebagai bahan alami yang bersifat gastroprotektif.

Sebagai rempah bisa dijadikan teh ini bekerja dengan menekan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), yaitu penyebab asam lambung naik.

3. Kurma

Jadi salah satu buah yang bisa dijadikan obat herbal mengatasi segala penyakit, termasuk maag. Hal ini berdasarkan penelitian NCBI menjelaskan kurma produk Alami atau obat yang baik dalam pengobatan/pengelolaan penyakit dan terjangkau serta efektif tanpa efek samping.

Kurma adalah buah utama di Jazirah Arab dan dianggap sebagai salah satu tanaman komersial yang paling signifikan. Juga telah didokumentasikan dalam Alquran dan literatur ilmiah modern.

 BACA JUGA:Buah-Buahan yang Harus Dihindari Penderita Maag, Bikin Kambuh!

4. Daun Mint

Salah satu tanaman jadi obat herbal mengatasi mengatasi masalah pencernaan. Ternyata kandungan daun mint juga bisa digunakan untuk meredakan gejala gangguan lambung, seperti sakit maag, perut kembung, atau mual.

Daun minta juga dikenal memberikan sensasi segar dan melegakan. Namun, pemakaian daun mint tidak direkomendasikan untuk pasien GERD.

(DRM)

1
1