Share

Apakah Obat Batuk dan Flu yang Sama Bisa Dipakai untuk Dewasa dan Anak?

Antara, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 08:08 WIB
$detail['images_title']
Obat batuk dan fulu (Foto: Web MD)

ORANG dewasa dan anak-anak bisa menggunakan obat batuk tertentu dengan jenis yang sama namun dengan takaran yang berbeda, sebab kebutuhan kandungan obat untuk kalangan dewasa berbeda dengan anak-anak, dan bisa menimbulkan efek samping jika tidak sesuai dosis.

"Takaran obat untuk anak berbeda karena ditentukan oleh berat badan anak, sehingga jika tidak sesuai, bisa menyebabkan overdose dan underdose. Pada orang dewasa, lebih aman sesuai dengan berat badan universal," kata dr. Wenata Utama Solaiman, Dokter Umum di RS Randegansari Husada, Gresik, Jawa Timur.

 obat batuk

Meskipun berbeda kebutuhannya, namun saat ini penderita batuk, pilek dan influenza tidak perlu menyediakan dua macam obat yang berbeda untuk anak ataupun dewasa, karena tersedia obat batuk yang sudah diformulasikan khusus untuk dewasa dan juga anak.

Obat batuk memang harus disesuaikan peruntukkannya. Namun saat batuk selain minum obat, Anda harus menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung zat zat yang bersifat iritatif bagi mukosa tenggorokan dan kelenjar reflek batuk.

 BACA JUGA:Ablasi Retina: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

"Contohnya adalah micin dan zat pewarna yang keras," kata dr Wenata.

"Penyebab batuk sendirinya adalah reflek otot tenggorokan untuk mengeluarkan benda asing dari mulut. Sebetulnya batuk ini sendiri merupakan berkah karena hampir semua zat dan komponen asing yang masuk ke tubuh dikeluarkan dengan reflek batuk," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)