Share

Abses Anus : Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati, Simak di Sini

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 16:25 WIB
$detail['images_title']
Abses Anus (Foto:MaternalGoddes)

ABSES anus:penyebab, gejala dan cara mengobati ini perlu diperhatikan. Abses anal adalah kondisi di beberapa bagian tubuh dengan kumpulan nanah berkembang di dekat anus.

Sebagian besar abses anus adalah akibat infeksi dari kelenjar anal kecil.

Dilansir Webmd, jenis abses yang paling umum adalah abses perianal. Ini sering muncul sebagai pembengkakan seperti bisul yang menyakitkan di dekat anus. Warnanya mungkin merah dan hangat saat disentuh. Abses anal yang terletak di jaringan yang lebih dalam kurang umum dan mungkin kurang terlihat.

Sekitar 50% pasien dengan abses dubur akan mengalami komplikasi yang disebut fistula. Fistula adalah terowongan kecil yang membuat hubungan abnormal antara lokasi abses dan kulit.

Abses anus:penyebab, gejala dan cara mengobati ini bisa dilakukan pencegahannya. Hal itu bisa dilihat dari beberapa gejala yang dialami atau timbul. Salah satu penyebab terjadi abses di anus karena ada robekan, infeksi seksual, kelenjar anal tersebt. Dengan beberapa risiko yang ditimbulkan pada abses dubur adalah radang usus besar, diabetes dan bisa ketergantungan obati.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu beberapa gejala abses anus adalah nyeri, yang biasanya konstan, berdenyut, dan lebih buruk saat duduk Iritasi kulit di sekitar anus, termasuk pembengkakan, kemerahan, keluarnya nanah

Sembelit atau nyeri yang berhubungan buang air besar. Lalu, abbses anal yang parah memiliki tanda demam, panas dingin dan rasa tidak enak.

Beberapa pengobatnya juga bisa dilakukan pada abses anus. kebanyakan orang diberi resep obat untuk menghilangkan rasa sakit. Untuk orang sehat, antibiotik biasanya tidak diperlukan. Namun, antibiotik mungkin diperlukan untuk beberapa orang, termasuk mereka yang menderita diabetes atau kekebalan yang menurun.

Terkadang, operasi fistula dapat dilakukan bersamaan dengan operasi abses. Namun, fistula sering berkembang empat sampai enam minggu setelah abses dikeringkan.

Setelah operasi abses atau fistula, ketidaknyamanan biasanya ringan dan dapat dikontrol dengan obat pereda nyeri. Orang dapat berharap untuk kehilangan hanya sedikit waktu dari pekerjaan atau sekolah.

Demikian, infromasi abses anus:penyebab, gejala dan cara mengobati yang bisa dilakukan. (RIN)

1
2