Share

3 Cara WHO Tekan Laju Penyebaran Cacar Monyet Antar Manusia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 10:29 WIB
$detail['images_title']
Monkeypox, (Foto: Reuters)

Wabah cacar monyet semakin mengkhawatirkan dari hari ke hari. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), tercatat hingga kini kasusnya secara global sudah mencapai 780 kasus.

Penularan penyakit ini memang tidak secepat Covid-19, tapi ketika ada kontak langsung maka penularan akan sangat mudah terjadi. Maka dari itu, sangat diimbau kepada penderita tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain, termasuk berhubungan seksual.

Nah, belum lama ini WHO mengeluarkan rekomendasi cara pencegahan cacar monyet. Cara ini dinilai bisa menghentikan penularan virus di masyarakat. Mengutip Live Mint, Senin (6/6/2022), cara pertama yang dilakukan WHO adalah dengan meningkatkan kesadaran apa itu cacar monyet.

"Penting untuk Kementerian Kesehatan seluruh negara untuk memberi edukasi kepada masyarakat terkait cacar monyet. Sehingga mereka yang punya gejala mengarah ke cacar monyet mendapat perawatan klinis yang tepat," papar WHO.

Diharapkan langkah pertama ini membuat masyarakat semakin peduli dengan gejalanya, dan segera mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan lebih optimal.

Follow Berita Okezone di Google News

Poin yang tak kalah penting selanjutnya, yakni memastikan tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan suspek kasus agar mengenali betul bagaimana penyakit ini. Tujuannya, agar penanganan pasien dilakukan dengan tepat dan tidak membahayakan diri sang tenaga kesehatan itu sendiri.

"Cacar monyet ini ada antivirus dan vaksinnya, tapi kami harus menggunakannya dengan tepat dan adil," tegas WHO.

Hal lain yang dilakukan WHO untuk mempersempit potensi penularan cacar monyet dari manusia ke manusia, adalah dengan memajukan pemahaman tentang apa itu cacar monyet.

Pada tahapan ini, dibutuhkan pembaharuan data dan informasi, karena pada beberapa kasus terjadi perbedaan data dari cacar monyet biasa dengan cacar monyet yang kini mewabah.

Maka dari itu, WHO akan menggelar pertemuan global secara resmi untuk membahas detail seputar cacar monyet ini dari A sampai Z. Didukung dengan penelitian berbagai metode.

"Kami akan mengadakan pertemuan global besar untuk membahas R&D soal cacar monyet ini, juga melakukan penelitian mulai dari elidemiologi hingga diagnostik, terapeutik, hingga vaksinnya," pungkas WHO.

1
2