Share

Mandi setelah Begadang, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 18:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Begadang. (Foto: Shutterstock)

TIDUR memang menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh kita lupakan, seberapa pun sibuknya kita menjalani hari. Meskipun, terkadang kita diharuskan begadang baik untuk menyelesaikan pekerjaan, ataupun karena menonton tayangan favorit.

Tapi, berbagai penelitian menyebut begadang akan memberikan efek buruk pada tubuh kita. Pada dasarnya, sering begadang dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, dan gangguan kardiovaskular yang sering mengakibatkan kematian.

Banyak orang mencoba menghubungkan hal ini dengan mandi. Mereka menganggap, dalam kondisi tubuh yang kurang istirahat, terkena air dingin atau hangat konon memengaruhi pembuluh darah yang berkaitan dengan tiga masalah kesehatan tadi.

Namun, sebenarnya anggapan tersebut hanyalah mitos semata dan tidak memiliki landasan kuat. Hingga saat ini belum ditemukan studi yang mengaitkan bahaya mandi setelah begadang dengan kematian.

Mandi

Mandi usai begadang juga umumnya tidak membahayakan. Banyak studi berfokus pada efek samping begadang, bukan pada kegiatan yang dilakukan setelah begadang. Akan tetapi, walaupun tidak menyebabkan kematian, mandi selepas begadang tetap memiliki beberapa risiko kesehatan jika sering dilakukan.

Namun, risiko kesehatan itu bukan hanya disebabkan oleh aktivitas mandi, tetapi juga akibat begadang. Begadang dikenal memang memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja dampak habis begadang langsung mandi? Berikut ini beberapa di antaranya, seperti dilansir dari KlikDokter:

Flu

Anda akan lebih berisiko terkena penyakit flu atau masuk angin. Karena, sering begadang akan membuat sistem imun menurun. Ketika tubuh langsung dihadapkan dengan suhu dingin dari air mandi, maka risiko flu dan masuk angin semakin meningkat.

Kekakuan Otot

Anda juga berisiko mengalami kaku otot ketika sering mandi setelah begadang. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan suhu drastis yang bisa dialami ketika mandi usai begadang.

Saat begadang, suhu tubuh akan tetap tinggi akibat kerja dari berbagai organ dalam. Ketika Anda mandi setelah begadang menggunakan air yang cenderung dingin, akan terjadi perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

Hal tersebut akan mengganggu aliran darah. Pada akhirnya timbul risiko otot-otot kaku. Apalagi jika Anda memiliki penyakit rematik sebelumnya, risiko tersebut akan semakin besar.

Sulit Tidur

Jika Anda berniat beristirahat setelah begadang, maka mandi sehabis begadang bisa membuat sulit tidur. Salah satu tanda dari waktu tidur adalah suhu tubuh yang menurun. Sedangkan, mandi akan membuat suhu tubuh naik setelahnya, sehingga menyebabkan sulit tidur.

1
2