Share

Pandemi Covid-19 Sebabkan 1,7 Juta Bayi Tak Dapat Imunisasi Dasar

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 12:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Imunisasi Anak. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 memang telah membuat penundaan dalam beberapa bidang kehidupan. Pada saat pandemi, bukan hanya perekonomian yang sempat berhenti tapi juga beberapa perangkat kesehatan.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengungkap ada 1,7 juta bayi belum diimunisasi dasar selama pandemi Covid-19. Menurutnya, penundaan ini karena adanya pembatasan yang menimbulkan rasa khawatir para orangtua.

"Berdasarkan data kemenkes sekitar 1,7 juta bayi sampai saat ini belum mendapatkan imunisasi dasar. Selama periode 2019-2021 atau selama pandemi ini berlangsung," kata dr Reisa dikutip dari Instagram Kementerian Kesehatan, Minggu (5/6/2022)

Namun, dia mengingatkan orangtua segera melakukan imunisasi dasar, sebab sangat lah penting. Bermanfaat agar melindungi anak, dari perburukan bila terinfeksi virus tertentu.

Apabila anak sudah imunisasi dan terinfeksi, tidak mengalami gejala berat atau perburukan, dibandingkan anak yang belum pernah imunisasi/belum lengkap. Hal tersebut lebih fatal pada anak atau bayi yang belum pernah atau lengkap Imunisasinya.

"Berdasarkan data kemenkes sekitar 1,7 juta bayi sampai saat ini belum mendapatkan imunisasi dasar. Selama periode 2019-2021 atau selama pandemi berlangsung," kata dr Reisa.

Makanya penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi yaitu kita punya istilahnya PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi), sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi. Seperti Tuberkulosis, Campak, Rubela, Hepatitis B, Difteri, Polio, Miningitis, dan masih banyak lagi," jelasnya.

(mrt)