Share

Kemenkes Andalkan Aplikasi TeleJemaah untuk Pantau Kesehatan Jamaah Haji

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 17:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi jamaah haji Indonesia. (Foto: Antara)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menghadirkan aplikasi TeleJemaah. Tujuannya untuk memantau kondisi para jamaah haji asal Indonesia selama di Tanah Suci.

Aplikasi TeleJemaah dapat digunakan oleh semua jamaah haji. Fitur dalam aplikasi ini terdiri dari input data kesehatan sampai dengan galeri dan artikel.

Baca juga: 3 Cara Jaga Kesehatan Jamaah Haji di Tanah Suci, Salah Satunya Sering Semprot Cairan 

"Tujuannya sebagai media edukasi secara elektronik yang berbentuk aplikasi berbasis Android saat ini dan aplikasi ini sudah tersedia di PlayStore dan bisa di-download gratis," ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr Budi Sylvana MARS, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Sabtu (4/6/2022).

Kelebihan aplikasi ini, terdapat input data kesehatan yang terdiri dari tekanan darah, gula darah, saturasi oksigen, suhu tubuh, sampai keluhan. Menu pada aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan oleh jamaah haji dan bisa meminta bantuan petugas kesehatan.

Baca juga: Jaga Kesehatan Lansia, Menkes Kenalkan Aplikasi ASIK 

Data yang ada didapat dari data yang diinput Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes). Semua data di TeleJemaah tidak bisa diubah karena sudah diinput di dalam Siskohatkes.

"Jadi tinggal kita integrasikan data yang ada di Siskohatkes dengan TeleJemaah haji sebagai informasi jamaah haji kita sudah divaksinasi. Jadi lebih transparan sifatnya," jelasnya.

Tidak perlu khawatir, sebab aplikasi ini juga memudahkan untuk berkomunikasi dengan petugas ibadah haji Indonesia. Dalam aplikasi ini juga tercantum obat yang sering dibawa oleh jamaah haji.

Jamaah haji bisa menghubunginya langsung via WhatsApp. Pada TeleJemaah ada pula fitur perkiraan cuaca, fitur ini sebagai early warning system untuk menghadapi cuaca ekstrem di Arab Saudi.

Baca juga: 3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal Menghitam di Kulit, Gampang Banget Pakainya! 

Ada pula tombol bantuan yang menyambung ke TelePetugas. Nanti akan bisa dilihat titik koordinatnya jamaah haji ini oleh petugas terdekat, itu akurasinya sekira 4 meter.

"Nanti kita masukkan nomor kontak petugas ke dalam aplikasi TelePetugas. Nama aplikasinya TelePetugas ini connect dengan TeleJemaah. Aplikasi Tele Petugas berfungsi untuk memantau jamaah haji berisiko tinggi," pungkas dr Budi.

1
2