Share

5 Manfaat Daun Sirsak Bisa Lawan Kanker dan Bikin Tubuh Langsing

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 15:03 WIB
$detail['images_title']
Daun Sirsak (Foto: World Health Design)

SIRSAK atau tanaman yang disebut graviola ini dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan. Hampir seluruh bagian tanamannya, mulai dari daun hingga akar, dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal.

Mulai dari daun, bagian ini dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan kesulitan tidur atau insomnia. Daun juga mengandung antioksidan yang dikenal untuk melawan peradangan. Daun dapat dimasak dan dioleskan hancurannya untuk melawan rematik dan abses.

Berikut Manfaat daun sirsak yang dilansir Webmd:

1. Bisa bikin tubuh ideal

Satu buah sirsak atau mengguanakan daunnya sebagi teh herbar bisa mengandung sekitar 83% dari asupan serat harian yang direkomendasikan, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Bisa dijadikan penurunan berat badan bagi yang sedang program diet

2. Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung dan serangan jantung. Faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi adalah asupan natrium. Buah sirsak utuh menawarkan sekitar sepertiga hingga setengah dari tunjangan harian potasium yang direkomendasikan untuk bisa menjaga tekanan darah.

3. Dapat melawan bakteri

Beberapa peneliti menunjukkan buah sirsak juga mengandung sifat antibakteri yang kuat. Berdasarkan penelitian menggunakan tabung reaksi, ekstra buah sirsak dapat menangkal bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Termasuk jenis bakteri strain yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur. Sirsak bekerja melawan bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi kolera dan Staphylococcus

4. Bisa lawan sel kanker

Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

5. Tinggi Antioksidan

Sirsak mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Beberapa Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes. (RIN)

1
3