Share

14 Manfaat Daun Sirih, Bisa Kencangkan Payudara Hingga Wajah Awet Muda

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 12:57 WIB
$detail['images_title']
Daun Sirih (Foto : articlesofthealtcare)

BERAGAM manfaat daun sirih yang baik untuk kesehatan, termasuk bagi wanita. Daun sirih sendiri termasuk salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tumbuhan asli Indonesia ini biasa digunakan sebagai pembersih bagian intim wanita, tetapi sebenarnya masih banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan wanita.

Kandungan senyawa yang aktif pada daun sirih dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Daun yang termasuk keluarga tumbuhan Piperaceae ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol.

Berikut 14 manfaat daun sirih bagi wanita yang dilansir dari Health Benefit:

1. Membersihkan vagina

Vagina menjadi organ penting yang perlu dijaga kebersihannya untuk mencegah rasa gatal, bau tidak sedap, dan keputihan. Daun sirih mengandung polifenol dan kavikol yang dapat mengurangi rasa gatal pada organ intim wanita. Kandungan minyak atsiri juga menghilangkan aroma tidak sedap. Rebus daun sirih, saring airnya, lalu basuhkan untuk mencuci area kewanitaan.

2. Mengobati payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati mastitis atau kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai bengkak. Senyawa allylprokatekol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat. Serta bisa mengencangkan payudara bagi ibu menyusui.

3. Mengurangi nyeri haid

Kandungan minyak atsiri, terpenoid, dan klavikula pada daun sirih bisa mengurangi nyeri perut saat haid. Adanya antioksidan juga mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Bahan alami ini mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga sakit perut bisa mereda. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

4. Mencegah rambut rontok

Ilmu Ayurveda merekomendasikan menggunakan daun sirih untuk masalah rambut, salah satunya kerontokan. Tumbuk daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan sekira satu jam dan basuh dengan sampo.

5.Mengobati jerawat

Daun sirih kaya akan anti-inflamasi yang mencegah dan mengobati jerawat. Minyak esensialnya menenangkan jerawat yang meradang. Tumbuk daun sirih sampai menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

6.Menangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

7.Obat radang prostat

Daun sirih merah bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti normal.

8.Mencegah infeksi bakteri

Pemberian ekstrak daun sirih terbukti dapat menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus di dalam tubuh. Bakteri ini merupakan bakteri Gram positif yang dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit sesuai tingkat keparahannya, mulai dari infeksi saluran pernapasan hingga sepsis.

9. Mengurangi kadar gula

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati

10. Bikin awet muda

Mengkonsumsi daun sirih mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah. Dengan khasiat daun sirih yang bersifat antiflamasi bikin wajah awet muda.

11. Mengurangi depresi

Ekstrak daun sirih memgurangi depresi yang dialami banyak orang. Hal ini  tergantung dosis yang membantu untuk pengobatan gangguan kegembiraan mental yang berlebihan.

12. Menurunkan tingkat kolesterol darah

Sebagian besar dari kita sadar tentang masalah kesehatan yang terkait dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi.  Rebusan daun sirih bila diminum dalam dosis yang dianjurkan bisa  membantu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga,  mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

13. Mengobati asam urat dan radang sendi

Rebusan daun sirih  merupakan obat tradisional untuk asam urat, arthritis, dan penyakit atau gangguan artikular lainnya yang berhubungan dengan sendi.

14 . Mengobati masalah sistem kemih

Dibeberapa negara Asia seperti Filipina, daun sirih  dibuat menjadi teh herbal atau dikonsumsi sebagai rebusan dipercaya dapat mengobati penyakit kencing batu.  Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. (RIN)

1
5