Share

3 Cara Jaga Kesehatan Jamaah Haji di Tanah Suci, Salah Satunya Sering Semprot Cairan

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 12:02 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi cara menjaga kesehatan jamaah haji di Tanah Suci. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)

INDONESIA kembali memberangkatkan jamaah haji, setelah dua tahun tidak menyelenggarakannya dampak pandemi covid-19. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap layanan kesehatan jamaah haji, memberi beberapa imbauan penting agar terhindar dari risiko penyakit.

"Perlu kita ingatkan kepada jamaah bahwa tahun ini kita dihadapkan pada dua situasi: Pertama, pandemi belum selesai; dan kedua, suhu ekstrem panas. Untuk itu ada beberapa langkah yang perlu kita antisipasi. Paling tidak ada tiga langkah pokok yang perlu diantsipasi jamaah," ungkap Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes dr Budi Sylvana MARS, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Terungkap! Di Balik 1 Porsi Nasi Padang Dapat Menyumbang 664 Kalori 

Berikut tiga langkah antisipasi yang dimaksud:

Pertama, pandemi belum selesai, begitu juga penyakit menular lainnya, untuk itu para jamaah haji diminta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kedua, terkait dengan suhu ektrem, para jamaah haji disarankan menghindari paparan panas di luar gedung, selalu menggunakan APD seperti topi, sun block, kacamata hitam, sering menyemprotkan tubuh dengan cairan yang diberikan, tidak menggunakan baju hitam atau gelap karena menyerap panas.

Baca juga: 3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal Menghitam di Kulit, Gampang Banget Pakainya! 

Ketiga, kondisi yang harus diantisaipasi adalah menghindari kelelahan berlebihan. Untuk itu jamaah diminta fokus pada wajib hajinya yaitu di Arafah, Muzdalifah, dan Armina.

"Silakan melakukan aktivitas ibadah yang lainnya, namun disesuaikan. Jamaah punya cukup waktu untuk melakukan ibadah-ibadah sunah," kata dr Budi.

"Tentunya jangan lupakan hastag kita #jangantungguhaus, itu penting sekali untuk menghindari dehidarasi dan heat stroke," jelasnya.

Sementara untuk vaksinasi covid-19, jamaah calon haji yang sudah memenuhi dosis lengkap atau mendapatkan dua kali suntikan vaksin covid-19 sebanyak 95 persen. Begitu juga jumlah jamaah calon haji yang sudah melakukan suntik vaksin meningitis mencapai 95,7 persen.

Baca juga: Viral Jualan Nasi Bakar, Melati Eks JKT48 Kebanjiran Pembeli 

Baca juga: Resep Akhir Pekan, Tahu Lada Garam Bikin Susah Berhenti Ngunyah! 

1
2