Share

Gejala Campak Pada Anak dan Bayi, Waspadai Demam Tinggi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 13:42 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA gejala campak pada anak dan bayi perlu diwaspadai oleh para ibu. Campak adalah infeksi pada masa kanak-kanak yang disebabkan oleh virus. Setelah cukup umum, campak sekarang hampir selalu dapat dicegah dengan vaksin.

Dilansir dari Mayo Clinic, campak menyebar dengan mudah dan bisa menjadi serius dan bahkan fatal bagi anak kecil. Penyakit ini masih membunuh lebih dari 200.000 orang per tahun, kebanyakan anak-anak.

Penularan penyakit ini bisa melalui kontak langsung dengan penderita dan juga melalui udara. Beberapa gejala campak pada anak dan bayi yaitu demam tinggi setelah anak terinfeksi virus selama 10 sampai 12 hari. Biasanya akan berlangsung selama 4 - 7 hari.

Lalu, hidung berair, batu, mata merah dan berair serta bintik-bintik putih pada pipi yang terus berkembang.

Beberapa hari kemudian akan muncul ruam di bagian wajah dan leher atas. Dalam waktu kurang lebih 3 hari, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh. Ruam akan berlangsung selama 5-6 hari, lalu akan memudar.

Selama beberapa hari berikutnya, ruam menyebar ke lengan, dada dan punggung, lalu di atas paha, tungkai bawah dan kaki. Pada saat yang sama, demam meningkat tajam, seringkali setinggi 104 hingga 105,8 F (40 hingga 41 C).

Selain gejala-gejala di atas, adanya kemungkinan terjadinya komplikasi pada beberapa orang. Komplikasi yang paling serius seperti, kebutaan, ensefalitis, diare yang parah, dehidrasi, infeksi telinga, dan terjadi masalah pernafasan.

Pemulihan akan terjadiĀ  sekitar tujuh hari. Diantaranya ruam secara bertahap memudar pertama dari wajah, laluĀ  paha dan kaki. Saat gejala penyakit lainnya hilang, batukĀ  serta pengelupasan kulit tempat ruam itu mungkin sudah memudar sekitar 10 hari.

Untuk itu, cara pencegahan yang bisa anda lakukan agar anak anda tidak tertular campak adalah dengan melakukan vaksin. Dari tahun 2000 - 2018, vaksinasi campak dapat mencegah sekitar 23,3 juta kematian. Kematian global karena penyakit ini menurun sebesar 73 %.

Demikian informasi mengenai gejala campak pada anak dan bayi yang perlu diperhatikan para ibu. (RIN)

1
2