Share

Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung Hanya 40 Persen, Dokter: Ortu Harus Siap Mental!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 08:47 WIB
$detail['images_title']
Program bayi tabung (Foto: Istockphoto)

BANYAK pasangan suami istri ingin memiliki anak. Namun terkadang sulit punya anak mendorong mereka untuk melakukan program bayi tabung.

Menurut General Manager Medical Business & Operations Morula Indonesia, dr. Azhar Nurbahri, MD sejatinya butuh kesiapan mental dari kedua belah pihak. Apalagi secara umum di dunia tingkat keberhasilan hanya 30 sampai 40 persen. Sehingga perlu, pemahaman dan kesiapan mental selama menjalani program IVF atau bayi tabung.

 bayi tabung

"Secara umum di dunia hanya 30-40 persen untuk keberhasilan bayi tabung. Sehingga perlu dipersiapkan mental dari kedua pasangan," ujar dr Azhar.

Keuntungan dari program bayi tabung (IVF) adalah kemungkinan tercapainya, kehamilan yang sukses dan kelahiran bayi lebih sehat. Berdasarkan data tahun 2021, menunjukkan bahwa Morula Indonesia memiliki tingkat keberhasilan tertinggi hingga 72%.

Sehubungan dengan bayi tabung, tidak hanya diperuntukkan bagi pasangan yang menginginkan anak pertama, tetapi juga mereka yang menginginkan proses kehamilan lebih aman dan nyaman karena mengurangi berbagai resiko.

 BACA JUGA:Demi Anak Kembar, Istri Ustadz Riza Jalani Program Bayi Tabung

Lebih lanjut, dr Azhar mengatakan jika peluang kehamilan beragam. Menurutnya, pencegahan bisa dilakukan dengan pola hidup yang sehat.

Follow Berita Okezone di Google News

Seperti pada wanita, banyak mengalami sakit endometriosis. Hal tersebut bisa jadi salah satu kendala dalam program mempunyai anak.

"Sayangnya gaya hidup saat masih muda ialah adanya tidak mengontrol berat badan, merokok atau tidak mengatur pola makan, bisa meningkatkan risiko (tidak sehat/kehamilan)," ucap dr Azhar.

“Peluang kehamilan pada pasangan suami istri memang beragam, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan baik dari sisi suami ataupun istri. Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu faktor penting menjaga kesuburan," tambahnya

1
2