Share

Kemenkes Targetkan Tahun 2024 Seluruh Provinsi Punya Layanan Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 13:07 WIB
$detail['images_title']
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA- Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan fakta miris di lapangan terkait layanan jantung di fasilitas kesehatan di Indonesia.

Faktanya, memang belum semua provinsi di Indonesia memiliki layanan jantung. Artinya, masih ada wilayah di negeri ini yang tidak bisa memberikan pelayanan kesehatan jantung pada masyarakat yang membutuhkan.

Padahal, penyakit jantung menjadi penyakit nomor satu yang menelan korban jiwa dan membebani negara, termasuk pemerintah dan swasta. Maka dari itu, Kemenkes menargetkan semua provinsi di Indonesia sudah punya layanan jantung pada tahun 2024.

"Kemenkes menargetkan pada 2024 seluruh provinsi di Indonesia akan memiliki layanan jantung, baik yang dasar seperti pemasangan ring dengan kateter minim inflasi maupun bedan buka jantung," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/6/2022).

BACA JUGA:Kemenkes Genjot Program Deteksi Dini Penyakit Kardiovaskular di Sekolah

BACA JUGA:Capaian Booster Baru 25 Persen, Menkes Budi Ajak Masyarakat Segera Vaksinasi

Dengan tidak meratanya pelayanan jantung di seluruh Indonesia, lanjut Menkes, membuat banyak pasien jantung tidak mendapatkan pelayanan yang optimal. Beberapa dari pasien jantung bahkan dilaporkan meninggal dunia sebelum mendapatkan pertolongan.

"Kalau si pasien jantung itu di wilayah yang tidak punya pelayanan jantung, ya, kemungkinan besar akan wafat sebelum mendapat pertolongan. Ini masalah besar yang harus diselesaikan," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)