Share

Apa itu Dehidrasi? Waspada, Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 10:59 WIB
$detail['images_title']
Dehidrasi (Foto: Healthline)

APA  itu dehidrasi? mungkin Anda pernah mempertanyakan hal tersebut. Gejala umum dehidrasi adalah ketika tubuh Anda mengalami haus berlebih dan tubuh merasa lelah.

Dilansir Healthline, Dehidrasi merupakan kondisi yang umum terjadi pada setiap orang dari berbagai kelompok usia. Jika, tidak segera ditangani bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, dehidrasi juga menggambarkan kondisi dimana tubuh Anda kehilangan banyak cairan daripada cairan yang masuk. Kondisi ini tentu berakibat pada ketidakmampuan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Pada dehidrasi ringan, cairan berkurang sebesar 3 sampai 5 persen dari kondisi semula. Ia mengatakan biasanya dehidrasi ringan belum mengganggu sirkulasi peredaran darah, namun tanda-tanda awalnya sudah mulai terlihat.

Diketahui, tubuh manusia terdiri dari 55-88 persennya adalah air. Sehingga, air di dalam tubuh memiliki fungsi yang sangat penting dalam membantu kinerja sistem pencernaan, seperti membuang racun dan kotoran, menstabilkan suhu tubuh, dan lain-lain.

Dampak yang Anda rasakan mengalami dehidrasi, seperti pusing, badan terasa lelah, letih, dan lesu, serta sembelit. Secara umum, penyebab dehidrasi dikarenakan seseorang kekurangan atau kehilangan banyak cairan.

Cairan ini bisa terbuang karena seseorang terlalu banyak beraktivitas, buang air kecil, diare, atau muntah-muntah. Maka dari itu, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air minum agar cairan di dalam tubuh tetap stabil.

Beberapa yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi cairan sebanyak 92 ons atau sekitar 11,5 cangkir per hari. Sedangkan, untuk pria 124 ons atau 15,5 cangkir perhari.

Apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat dan sering terpapar sinar matahari. Tujuan dari pengobatan dehidrasi adalah untuk mengganti cairan yang telah hilang dari tubuh. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi lebih banyak air mineral atau jus dengan konsistensi yang lebih encer.

Boleh mengkonsumsi minuman manis dan makanan asin untuk mengembalikan gula dan natrium dalam tubuh. Lalu, minum oralit atau elektrolit.

Demikian informasi mengenai apa itu dehidrasi. Lengkap dengan penyebab dan pengobatannya. Semoga membantu. (RIN)

1
3