Share

3 Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari Menjelang Tidur

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 19:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tidur (Foto: Instagram @kemenkominfo)

SETIAP orang biasanya memiliki kebiasaan atau ritual saat hendak tidur. Tapi patut diperhatikan, tidak semua kebiasaan sehari-hari yang dilakukan menjelang tidur itu baik. Sebab ada juga yang malah memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan kebanyakan berkaitan dengan perangkat gadget. Padahal, jika Anda tahu risikonya yang mengerikan, mungkin akan berpikir dua kali untuk melakukannya.

Nah berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang tanpa sadar saat menjelang tidur, yang mana wajib untuk dihindari. Berikut ulasan singkatnya, seperti dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (31/5/2022).

1. Main ponsel sebelum tidur: Banyak yang menganggap bahwa bermain smartphone menjelang tidur akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Padahal kebiasaan ini justru akan membuat otak “terjaga” semalaman. Akibatnya jadi susah tidur atau sekalipun tidur, tidurnya tidak berkualitas. Biasanya kalau sudah begini, akan terbangun dalam kondisi kurang bersemangat.

2. Tidur pakai earphone: Tak sedikit orang yang suka pakai earphone untuk mendengarkan musik, dengan niat akan tertidur dengan sendirinya. Eits! Mendengarkan musik atau video menggunakan earphone saat tidur, faktanya bisa menurunkan fungsi pendengaran.

Jika terpaksa pakai earphone, manfaatkan fitur sleep timer di aplikasi pemutar musik agar musik tidak terus menerus menyala hingga pagi. Bisa juga trik lain, cukup mendengar musik lewat speaker.

3. Meletakkan ponsel di sebelah kepala: Kebiasaan buruk yang satu ini yang paling sering dilakukan dan efeknya juga tak kalah menyeramkan. Menurut Journal of Psychiatric Research, tidur di sebelah ponsel pintar bisa menghambat produksi hormon melatonin, yang mana hormon ini adalah hormon yang membuat tubuh merasa lebih rileks hingga mengantuk. Jika distribusinya terganggu, maka akan mengurangi kualitas tidur dan akan mengganggu aktivitas harian lainnya.

BACA JUGA:Kafein dalam Tubuh Dapat Bertahan 9 Jam, Awas Kualitas Tidur Bisa Terganggu

BACA JUGA:Main Gadget Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Faktanya

1
2