Share

Layanan RS Mewah Dicover BPJS Kesehatan, Anies Baswedan: Ini Komitmen Kami Jamin Kesehatan Masyarakat DKI

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 30 Mei 2022 13:33 WIB
$detail['images_title']
Anies Baswedan (Foto: Sukardi/MPI)

UNTUK bisa mendapat layanan kesehatan di rumah sakit swasta nan mewah, masyarakat dapat memanfaatkan BPJS Kesehatan. Hal ini yang didapatkan hampir seluruh warga DKI Jakarta.

Ya, mereka yang termasuk dalam masyarakat kelas menengah hingga bawah kini bisa mengakses layanan kesehatan mewah di rumah sakit swasta dengan BPJS Kesehatan. Bahkan, pemerintah DKI Jakarta telah meng-cover hampir semua warganya.

Anies Baswedan

"Pada 2018, kami mengalokasikan dana sebesar Rp2,1 triliun agar semua warga DKI Jakarta tercover BPJS Kesehatan. Ini memungkinkan mereka yang termasuk dalam masyarakat kelompok menengah atau bawah bisa tetap dilayani di rumah sakit seperti Siloam Hospitals," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam acara Pembukaan Siloam Hospitals Agora Jakarta, Senin (30/5/2022).

BACA JUGA : Endemi, Pasien Covid-19 Bakal Dicover BPJS Kesehatan

Pemprov DKI Jakarta, lanjut Anies, memang berkomitmen agar seluruh warganya tercover BPJS Kesehatan. Hingga saat ini, data mencatat bahwa 98 persen warga DKI Jakarta telah tercover BPJS.

Anies Baswedan

"2% sisanya itu adalah warga non DKI Jakarta yang mendapat pelayanan di Jakarta. Saya bisa bilang kalau sebetulnya semua warga DKI Jakarta sudah tercover BPJS. Ini memang komitmen kami menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta," tambah Anies.

BACA JUGA : Peserta BPJS Kesehatan Dijamin Bisa Akses Layanan meski Libur Lebaran 2022

Di sisi lain, Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Caroline Riady menjelaskan bahwa rumah sakit swasta seperti Siloam Hospitals memang sebagian besar sudah melayani pasien BPJS Kesehatan. Ini bentuk komitmen pihak swasta terhadap kesehatan semua masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi ke BPJS Kesehatan yang telah bergandengan tangan dengan Siloam Hospitals untuk menangani pasien BPJS Kesehatan di DKI Jakarta maupun luar Jakarta. Sebagian besar rumah sakit kami sudah melayani pasien BPJS Kesehatan," terangnya.

Caroline tak menampik bahwa masih ada jaringan rumah sakit di bawah naungannya yang belum menerima pasien BPJS Kesehatan. Hal itu dikarenakan faktor administrasi yang belum selesai.

"Nah, untuk sebagian kecil rumah sakit kami yang belum melayani pasien BPJS Kesehatan, itu sejatinya tengah berproses, salah satunya Siloam Hospitals Agora ini. Proses untuk bisa melayani pasien BPJS Kesehatan itu banyak dan kami tengah melengkapinya agar semua masyarakat bisa mengakses rumah sakit kami," tambah Caroline.

1
2