Share

Buah-Buahan yang Harus Dihindari Penderita Maag, Bikin Kambuh!

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 30 Mei 2022 10:00 WIB
$detail['images_title']
Stroberi salah satu buah yang harus dihindari penderita maag (Foto: Boldsky)

KAYA kandungan gizi, umumnya mengonsumsi buah baik untuk kesehatan. Namun untuk penderita maag, ada beberapa buah yang harus dihindari karena dapat menyebabkan gangguan lambung tersebut kambuh.

Dikutip dari Klikdokter, sakit maag ditandai dengan adanya kenaikan asam lambung. Kondisi inilah yang kemudian memicu berbagai keluhan seperti nyeri ulu hati, rasa perih di dada, mual hingga muntah, kembung, atau cepat kenyang.

Kenaikan asam lambung ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi. Meski tampaknya aman, kenyataannya tak semua buah dapat dikonsumsi oleh para penderita maag. Beberapa jenis buah justru membuat keluhan maag sering kambuh atau semakin memburuk.

Hindari makan buah ini saat maag

Buah dengan tingkat keasaman yang tinggi kaya akan kandungan asam sitratnya. Buah yang termasuk ke dalam golongan ini dibagi menjadi dua kelompok:

1. Buah yang rasanya asam atau berasal dari golongan sitrus

nanas

Yang termasuk di sini yaitu nanas, plum, blackberry, raspberry, jeruk, jeruk nipis, stroberi, persik, delima, dan buah asam (tamarind). Buah pada golongan ini sebaiknya betul-betul dihindari oleh penderita maag karena kandungan asamnya dapat memperburuk keluhan.

BACA JUGA : Tips Sembuhkan Asam Lambung, Kuncinya Jangan Stres

BACA JUGA : Sama-Sama Masalah Lambung, Kenali Beda GERD dengan Maag

2. Buah semi-asam

Contohnya seperti kesemek, apel hijau, markisa, jambu merah, anggur, jeruk mandarin dan kismis. Kandungan asam sitrat pada kelompok ini lebih rendah daripada kelompok pertama dan karenanya lebih bisa ditoleransi oleh penderita maag.

Namun, bila keluhan maag tetap timbul atau memburuk, sebaiknya juga dihindari. Sebaliknya, penderita maag dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang bersifat alkali atau basa.

Buah-buah dalam golongan ini umumnya memiliki rasa yang manis bila sudah matang. Beberapa contoh yang mudah didapat yakni pepaya, pisang, apel, pir, buah naga, mangga, melon, semangka, alpukat, blewah dan kiwi.

Agar keluhan mag tidak sering kambuh

Selain dengan memperhatikan jenis buah yang dikonsumsi, keluhan mag dapat dikelola dengan menerapkan pola makan berikut:

1. Makan dalam porsi sedikit tapi sering. Penderita mag dianjurkan untuk makan 4-5 kali sehari atau selang 3-4 jam sekali. Tak perlu menunggu rasa lapar, yang penting lambung selalu terisi agar asam lambung tidak mengiritasi atau melukai dinding lambung.

2. Batasi atau hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas, berminyak, berlemak serta minuman yang mengandung kafein, bersoda, atau beralkohol.

3. Upayakan waktu makan terakhir 2 jam sebelum tidur malam

4. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 Liter atau 8 gelas per hari

Agar keluhan maag dapat dikendalikan secara optimal, Anda pun perlu menerapkan gaya hidup sehat dengan berhenti merokok, mengelola stres, rutin berolahraga, dan memiliki pola dan kualitas tidur yang baik.

Buah-buahan sebetulnya termasuk makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari dan telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kronik. Meski demikian, tak semua buah nyaman dikonsumsi oleh penderita maag.

Dengan mengetahui jenis buah yang aman dan tidak aman bagi lambung, Anda bisa tetap memiliki pola makan sehat tanpa menimbulkan keluhan maag yang mengganggu. Yuk, lebih berhati-hati lagi dalam memilih buah untuk dikonsumsi agar asam lambung Anda tak semakin parah.

1
2