Share

Kenali Gejala Heatstroke Akibat Cuaca Panas dan Pertolongan Pertamanya

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 30 Mei 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Waspadai gejala heatstroke (Foto: Timesofindia)

CUACA panas yang kerap terjadi di Indonesia berisiko menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya heatstroke. Umumnya, heatstroke disebabkan oleh tubuh yang terlalu panas, atau aktivitas fisik dalam suhu tinggi.

Penting untuk mengetahui gejala heatstroke dan cara pencegahannya. Namun, masih banyak yang belum tahu bagaimana ciri-ciri atau gejala dari heatstroke. Sehingga perlu dipahami agar bisa melakukan pencegahan, berikut telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cuaca Panas Terik

Melansir dari Mayoclinic, kondisi ini paling sering terjadi pada bulan-bulan musim panas. Berikut gejalanya, antara lain;

- Suhu tubuh tinggi. Suhu tubuh 104 F (40 C) atau lebih tinggi, diperoleh dengan termometer rektal, tanda utama sengatan panas.

- Perubahan kondisi mental atau perilaku. Kebingungan, agitasi, bicara cadel, iritabilitas, delirium, kejang, dan koma semuanya bisa diakibatkan oleh sengatan panas.

BACA JUGA : Waspadai Heatstroke, Jamaah Haji Jangan Sampai Dehidrasi

BACA JUGA : Cara Mencegah Heatstroke yang Perlu Anda Ketahui, Simak Yuk!

- Perubahan berkeringat. Pada heatstroke disebabkan oleh cuaca panas, kulit akan terasa panas dan kering saat disentuh. Namun, pada serangan panas yang disebabkan oleh olahraga berat, kulit mungkin terasa kering atau sedikit lembap.

- Mual dan muntah.

- Kulit memerah. Kulit mungkin menjadi merah karena suhu tubuh Anda meningkat.

- Pernafasan cepat. Napas Anda mungkin menjadi cepat dan dangkal.

- Detak jantung balap. Denyut nadi Anda dapat meningkat secara signifikan karena tekanan panas menempatkan beban yang luar biasa pada jantung Anda untuk membantu mendinginkan tubuh Anda.

- Sakit kepala. Kepala Anda mungkin berdenyut

Tindakan penanganan pertama: Pindahkan orang yang mengalami heatstroke ke tempat yang lebih dingin. Kenakan pakaian yang sejuk dan dingin atau mandi, hindari memberi minum apa pun kepada pasien, dan segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

(hel)

1
1