Share

6 Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak Tanpa Dioperasi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 11:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Cantengan. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa cara mengobati cantengan yang sudah bengkak karena sudah mengalami infeksi. Cantengan sendiri, merupakan bengkak di jari kaki yang begitu menganggu karena sakit tak terkira.

Luka di jempol kaki yang membuat kuku jempol kaki ikut terkena tekanan dan menyebabkan kuku kaki menembus kulit serta menyebabkan cantengan. Di beberapa kasus, cantengan bahkan harus disembuhkan melalui operasi.

Cantengan bisa disebabkan banyak hal, di antaranya kuku tumbuh menembus kulit, kebiasaan menggigit kuku, memotong kuku terlalu dalam. Dalam situasi tertentu, selain membengkak, biasanya jari kaki akan bernanah.

Berikut cara mengobati cantengan yang sudah bengkak dilansir dari Health Me Up. Berikut ulasannya :

Cantengan

1. Rendam kaki

Merendam kaki dengan air hangat dicampur garam selama 20 menit membantu melembutkan daerah yang terkena cantengan. Jika perlu, Anda bisa merendam kaki dengan cairan hidrogen peroksida guna mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan infeksi.

2. Oleskan balsem

Formula balsem yang terasa dingin di kulit mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mengurangi nyeri. Jadi, rajinlah mengoleskan balsem pada jari yang terkena cantengan.

3. Pakai salep antibakteri

Merendam kaki dengan larutan air sabun antibakteri ampuh mengurangi rasa nyeri. Peradangan akibat infeksi di kaki juga segera hilang dengan formula sabun antibakteri itu.

4. Ikat jari kaki dengan lemon

Lemon ternyata mampu menyembuhkan cantengan. Caranya, iris tipis lemon dan tempelkan di bagian jari yang cantengan dengan perban. Biarkan semalaman, dan ganti keesokan harinya setelah selesai mandi. Kandungan asam pada lemon membantu menyembuhkan infeksi dan mengusir bakteri yang memicu pembengkakan.

5. Oleskan balsem

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak bisa dengan formula balsem yang terasa dingin di kulit mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mengurangi nyeri. Jadi, rajinlah mengoleskan balsem pada jari yang terkena cantengan.

6. Pakai salep antibakteri

Merendam kaki dengan larutan air sabun antibakteri ampuh mengurangi rasa nyeri. Peradangan akibat infeksi di kaki juga segera hilang dengan formula sabun antibakteri itu.

1
2