Share

Apa itu Cantengan? Penyakit yang Berawal dari Hal Sepele

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 09:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Cantengan. (Foto: Shutterstock)

APA itu cantengan? Apa penyebabnya? dan Bagaimana gejalanya? Pertanyaan tersebut akan dijawab melalui artikel kali ini. Cantengan memang sudah cukup familiar didengar.

Mungkin banyak orang pernah mengalami cantengan. Kondisi yang satu ini memang bisa dialami siapa saja. Penyebabnya pun beragam, bisa saja terjadi karena hal-hal sepele. Lantas, apa itu cantengan? serta bagaimana gejala dan penyebabnya? Simak informansinya berikut ini.

Penyebab cantengan umumnya terjadi karena adanya pertumbuhan kuku yang tidak normal menuju ke dalam kulit, sehingga menekan jaringan kulit dan daging yang berada di sekitarnya. Cantengan biasanya terjadi pada ibu jari kaki. Meski tidak berbahaya, namun anda tetap harus waspada jika memiliki riwayat diabetes.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan cantengan pada jari. Bisa jadi dari hal-hal sepele, seperti memotong kuku dengan cara yang salah atau kependekan, menggunakan kaus kaki atau sepatu yang sempit, kurang memperhatikan kebersihan kaki, dan lain-lain.

Cantengan

Gejala umumnya adalah munculnya rasa nyeri disertai bengkak pada jari kaki, bengkak, dan warna kemerahan khususnya disekitar kuku. Gejala lain yang dapat muncul karena cantengan antara lain:

- Kuku yang mengalami cantengan akan terasa sangat nyeri saat disentuh atau saat memakai sepatu

- Adanya penumpukan cairan di sekitar kuku yang mengalami cantengan, biasanya cairan akan pecah dan berisi nanah

- Area kuku yang terkena cantengan akan terasa keras, berwarna merah, dan membengkak

Jika anda mengalami cantengan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobatinya. Caranya adalah sebagai berikut:

- Bersihkan kaki dengan air bersih dan juga sabun

- Rendam kaki dengan air hangat selama 15 hingga 20 menit sebanyak 3-4 kali sehari

- Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol

- Pastikan kaki selalu dalam keadaan kering dan hindari menggunakan alas kaki atau kaus kaki yang ketat.

(mrt)