Share

10 Penyebab Sering Sakit Perut yang Harus Diwaspadai, Nomor 6 Masalah Banyak Orang

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 08:27 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Sakit Perut. (Foto: Shutterstock)

ADA 10 penyebab sering sakit perut yang harus diwaspadai. Sakit perut atau mulas memang kondisi umum yang bisa terjadi setiap hari. Tapi jika terlalu sering, bisa jadi ini adalah indikasi adanya masalah gastrointestinal.

Sakit perut atau nyeri perut umumnya digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang berasal dari organ-organ dalam rongga perut. Organ-organ yang berada di rongga perut adalah lambung, usus kecil, usus besar, hati, kantung empedu, limpa, dan pankreas. Nyeri perut ini dapat Anda rasakan dalam intensitas ringan sampai nyeri akut parah dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi.

Berikut 10 penyebab sering sakit perut yang harus diwaspadai yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Sembelit

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh manusia. Seseorang akan menghabiskan banyak waktu di toilet, setiap pagi, namun hasilnya sia-sia karena tinja yang mengeras dan sulit keluar.

Tentu saja ini bisa menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sembelit sendiri adalah penyakit terkait gaya hidup di mana tinja mengeras di usus dan tidak keluar dari tubuh dengan mudah atau teratur.

2. Diare

Pada beberapa penyakit, biasanya menimbulkan gejala yang sama. Diagnosis dokter yang tepat akan menentukan penyakit apa yang sebenarnya sedang Anda alami. Diare menjadi salah satu masalah yang biasa menyerang perut. Namun, siapa sangka, bila nyeri perut itu tidak hilang dan diare pun tetap bertahan.

Sakit Perut

3. Flu perut

Flu perut atau dikenal gastroenteritis menyebabkan iritasi dan peradangan pada lapisan dalam perut yang menyebabkan pembengkakan. Seseorang yang terinfeksi bakteri akan menderita diare akut dan muntah-muntah.

4. Radang Usus

Penyakit radang usus tergantung pada tingkat keparahan peradangan dan di lokasi mana peradangan itu terjadi. Gejala dapat terjadi mulai dari ringan hingga berat.

5. Infeksi saluran kencing

Jenis infeksi saluran kencing ini dapat melibatkan uretra Anda (suatu kondisi yang disebut uretritis), ginjal (suatu kondisi yang disebut pielonefritis) atau kandung kemih, (suatu kondisi yang disebut sistitis).

6. Sering makanan berlemak

Ketika perut kelebihan makanan berlemak otomatis tidak bisa menahan dan mencerna makanan, kadang-kadang perut akan meluap dan menyebabkan ketidaknyamanan. Anda mungkin sering bersendawa dan memiliki rasa asam di mulut Anda.

7. Gastroesophageal reflux disease

Penyakit yang menyerang lambung kita. Jika sudah kambuh, keduanya memang sangat menyakitkan, bahkan bisa membuat orang sulit untuk beraktivitas.

8. Sindrom iritasi usus

Penyakit ini memiliki beberapa gejala diantaranya serangan kram perut, kembung, diare, serta sembelit. Kondisi ini sering dialami oleh perempuan daripada laki-laki.

9. Penyakit Crohn penyebab sakit perut

Penyakit Crohn menimbulkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan, alhasil timbullah gejala berupa sakit perut, diare berat, penurunan berat badan, dan kelelahan.

10. Alergi makanan

Jika memiliki alergi makan akan tidak mampu mencerna jenis makanan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab sakit perut.

1
2