Share

Benarkah Indonesia Masuki Endemi September Mendatang?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 14:45 WIB
$detail['images_title']
Indonesia bersiap masuki endemi (Foto: BBC)

PELONGGARAN aturan Covid-19 di Indonesia, memicu beragam opini publik. Salah satunya, adanya anggapan Indonesia masuk fase endemi di bulan September.

Mendengar hal tersebut, Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan mengatakan, bila perlalihan fase endemi ke pandemi, masih melihat perkembangan Covid-19. Mengingat aturan lepas masker saat ini merupakan uji coba (trial and error) beberapa bulan kedepan.

 siap masuki endemi

"Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Melihat lihat sebulan, dua bulan kedepan seperti apa perkembangannya (Covid-19)," ujar Dr Fajri dalam akun Instagram pribadinya @drfajriaddai, Jumat (27/5/2022).

 BACA JUGA:Indonesia Mulai Masuk Fase Endemi Covid-19, Wisma Atlet Akan Ditutup?

Dalam kesempatan yang sama, ia menjelaskan jika situasi aturan melepas masker di luar ruangan, bukan tanda Covid-19 sudah hilang. Kemudian Indonesia sudah siap masuk endemi, dia mengatakan belum.

Namun, adanya survei serologi (antibodi) salah satu, jadi landasan pemerintah memberlakukan aturan itu.

Melihat perkembangan kasus pasca-lebaran atau libur panjang kemarin, kenaikan kasus tidak signifikan atau terkendali. Ini Jadi kabar baik.

"Kalau dibilang, saya belum. Cuma sudah bagus ya alhamdulillah. Dan memang bahwa terbukti survei antibodi yang dilakukan kemarin melibatkan puluhan ribu orang sekitar 99 persen terbentuk kekebalan tubuh, semoga bener-bener terbukti bermanfaat tidak menyebabkan kasus meningkat," katanya.

1
2