Share

5 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Bronkitis

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 16:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Penyebab Bronkitis. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA makanan dilarang untuk penderita bronkitis, lantaran dapat mengganggu pernapasan. Jika terkena bronkitis, saluran napas bisa menjadi mampet sehingga biasanya seseorang akan sesak napas.

Bronkitis merupakan peradangan pada saluran pernapasan utama paru-paru. Bagian utama paru-paru itu disebut bronkus. Bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Bakteri atau virus yang mengiritasi bronkus mengakibatkan terjadinya pembengkakan.

Bronkitis dapat terjadi secara akut dan kronis. Bronkitis akut biasanya merupakan penyakit ringan dan jangka waktunya pendek. Dapat sembuh dengan sendirinya secara sempurna. Namun, apabila terjadi secara berulang-ulang, bronkitis akut beralih menjadi kronis.

Bronkitis menahun atau kronis ditandai dengan tersumbatnya saluran pernafasan secara kronik. Terjadi secara lamban dan lama-kelamaan menjadi parah. Bila tidak segera ditangani, akan menyebabkan penyakit paru-paru serius. Misalnya, ada pembentukan jaringan-jaringan ikat atau komplikasi serius lainnya.

Penyebab Bronkitis

Jika seseorang didiagnosis bronkitis kronik, maka sudah tidak bisa sembuh lagi. Oleh karena itu, ada beberapa makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis yang dikumpulkan Okezone:

Makanan yang banyak mengandung gas

Beberapa makanan yang dikonsumsi seringkali membuat perut menjadi sebah lantaran mengandung gas. Hal itu memunculkan nyeri pada dada. Beberapa sayur dan kacang-kacangan juga mengandung gas yang memicu gejala pencernaan, seperti kembung.

Garam

Garam memiliki kandungn banyak natrium dalam tubuh mengakibatkan penumpukan cairan atau retensi air. Selain berdampak pada peningkatan tekanan darah, natrium yang tinggi juga bisa memengaruhi kemampuan bernapas. Bagi penderita bronkitis kronis, ini bisa memperburuk kondisinya (eksaserbasi).

Gorengan

Mengonsusi gorengan memang sering menggugah selera, rasanya yang gurih dan hangat memang membuat banyak orang ketagihan. Tapi di balik kelezatan dan kemudahan cara memasaknya, gorengan menyimpan banyak efek samping bagi kesehatan tubuh.

Efek samping ini tentunya ditimbulkan dari penggunaan minyak dan cara pengolahannya itu sendiri yang melibatkan minyak bersuhu tinggi.Selain itu, gorengan juga bisa menyebabkan gas dan gangguan pencernaan yang semakin mengganggu pernapasan.

Daging Olahan

Daging olahan bisa menyebabkan peradangan dan stres pada paru. Ini dapat memperburuk fungsi paru-paru orang orang dengan bronkitis. Belum lagi, daging olahan juga bisa mengandung garam yang tinggi. Ada baiknya, Anda menghindari makanan dan daging olahan sama sekali.

Kafein

Penderita bronkitis biasanya mengonsumsi obat-obatan. Konsumsi minuman mengandung kafein bisa mengganggu pengobatan, bahkan berisiko terjadi interaksi obat.

1
2