Share

Jadi KLB, Hepatitis Akut Masih Misterius

Ikhsan Permana, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 13:51 WIB
$detail['images_title']
Anak sakit kena hepatitis misterius (Foto: Lost a helping hand)

HEPATITIS akut sudah diumumkan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Artinya penyakit ini merupakan penyakit baru dan belum ada sebelumnya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, kalau penyakit hepatitis akut masih perlu dikaji, karena masih banyak hal yang belum jelas, sehingga penyakit ini masih misterius.

 anak terkena hepatitis misterius

"Karena ini masih misterius, jadi masih banyak yang belum jelas, tetapi gejala ini bertahap dan cepat," ungkap Syahril dalam program Market Review di IDX Channel, Kamis (19/5/2022).

Gejala yang ditimbulkan oleh hepatitis akut diantaranya, gangguan gastrointestinal seperti sakit perut, mual, muntah dan diare. Kemudian urine juga berubah pekat seperti teh, kulit dan mata menjadi kuning, warna BAB putih pucat dan penurunan kesadaran.

Syahril menambahkan apabila menemukan gejala seperti itu segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat, jangan sampai terlambat.

 BACA JUGA:Dunia Waspadai Ancaman Hepatitis Akut

"Kita harus waspada kalau sudah timbul gejala, mual muntah dan diare cepat periksakan ke Puskesmas atau Rumah Sakit jangan menunggu sampai kuning seluruh tubuhnya jangan menunggu sampai hilang kesadarannya," jelasnya.

(DRM)