Share

7 Manfaat Tidak Makan Gorengan Untuk Kesehatan, Nomor 6 Bisa Bikin Kulit Mulus

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 13:35 WIB
$detail['images_title']
7 Manfaat Tidak Makan Gorengan (Foto: Highend)

7 manfaat tidak makan gorengan untuk kesehatan memberikan manfaat yang sehat. Adapun, gorengan adalah kudapan yang digemari banyak orang. Rasanya enak, teksturnya renyah, harganya murah menjadi banyak yang menyukai gorengan.

Hampir semua orang menyukai makanan yang digoreng, terutama gorengan yang dijual di pinggir jalan. Gorengan tidak hanya gurih namun juga murah, sehingga kerap dijadikan camilan di rumah bahkan kantor. Makan gorengan pun telah menjadi sesuatu yang biasa.

 Beberapa jenis gorengan antara lain tempe mendoan, tahu isi, bakwan dan sebagainya. Namun, apakah Anda tahu bahwa makan gorengan dalam jumlah banyak memiliki bahaya bagi kesehatan. Untuk itu, mengurangi konsumsi gorengan langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan.

Berikut 7 manfaat tidak makan gorengan untuk kesehatan yang dirangkum Okezone:

1. Terhindar dari Kolesterol

Makanan yang digoreng akan mengandung lebih banyak kalori daripada yang tidak. Apalagi, mnyak yang dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi selama memasak akan membentuk lemak trans. Belum lagi saat minyak digunakan berulang-ulang kali, lemak transnya akan semakin meningkat. Lemak ini dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit termasuk kolesterol. Untuk itu, menghindari konsumsi gorengan langkah tepat dalam terhindari penyakit kolesterol.

2. Terhindar penyakit jantung

Mengurangi konsumsi gorengan, setidaknya Anda telah menghindari salah satu resiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Terhindar penyakit kanker

Salah satu penyakit kanker yang mengintai adalah kanker usus. Hal ini dikarenakan minyak yang telah digunakan secara berkali-kali tersebut dapat mengandung racun dan radikal bebas hingga memicu terbentuknya asam empedu yang dapat mengiritasi usus. Untuk itu mengurangi konsumsi gorengan bisa terhindar dari penyakit kanker

4. Sistem pencernaan lebih sehat

Salah satu tanda adanya gangguan pencernaan adala apabila perut Anda terasa tidak nyaman setelah memakan gorengan. Dengan demikian, tidak memakn gorengan dapat membantu menghindarkan tubuh dari resiko terkenanya gangguan pencernaan.

5. Terhindar dari gangguan tukak lambung

Tukak lambung disebabkan oleh bakteri pylori. Sementara itu konsumsi gorengan dapat menyebabkan keasaman dan ulkus para perut Anda. Nah dengan tidak mengkonsumsi gorengan Anda dapat menghindari resiko terkena tukak lambung.

6. Kulit lebih sehat dan Mulus

Gorengan bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kusam dan berminyak. Kulit yang berminyak membuat pori-pori Anda tersumbat dan menyebabkan jerawat serta komedo. Nah, mengurangi makan gorengan bisa membuat kulit lebih halus dan sehat

7. Mengurangi nyeri di dada

Mengonsumsi gorengan bisa mengurangi nyeri dada. Adapun, gejala nyeri dada (heart burn) adalah keadaan dimana terdapat sensasi terbakar pada dada yang akan menjadi parah ketika penderita mengambil posisi berbaring atau membungkuk yang disebabkan oleh pergerakan asam lambung ke esophagus. (RIN)

1
3