Share

Podcast Aksi Nyata, Yoga Bukan Sekadar Olahraga, Bisa Latih Konsentrasi

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2022 17:22 WIB
$detail['images_title']
Podcast Aksi Nyata, Yoga bukan sekadar olahraga, bisa latih konsentrasi (Foto: YouTube/Partai Perindo)

JAKARTA Olahraga yoga kini peminatnya terbilang semakin banyak, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat.

Sebagai salah satu jenis olahraga, yoga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik semata lewat berbagai gerakannya.

Disebut oleh master yoga, Deera Dewi, unsur utama dalam olahraga yoga sebetulnya adalah bisa menemukan kebahagiaan dari dalam hati karena berhasil berkonsentrasi untuk diri sendiri.

“Yoga itu mengajarkan me time, bertemu dengan diri sendiri, fokus ke diri sendiri, nafas kita dan jiwa. Recharge yourself, kalau tubuh dan otak dipakai terlalu lama kan ya lama-lama low battery juga. Makanya sering-sering lah me-recharge diri sendiri,” kata Deera, dalam gelaran Podcast Aksi Nyata ‘Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Merawat Ketenangan Emosi Melalui Yoga’, Sabtu (14/5/2022) di kanal Youtube Partai Perindo.

Di luar bisa menaklukkan berbagai gerakan pose yoga, mulai dari yang paling sederhana sampai yang tersulit.

Menurutnya, olahraga ini juga bukan hanya untuk menaklukkan berbagai gerakan pose yoga, mulai dari yang paling sederhana sampai yang tersulit.

Sebab, perempuan yang juga merupakan guru yoga dari sutradara film terkenal, Nia Dinata tersebut, berpendapat jika tujuan utama berolahraga yoga adalah bagaimana mempraktikkan hasil latihan yoga ke kehidupan sehari-hari.

Contohnya, inner peace untuk menemukan kebahagiaan dari dalam jiwa sendiri.

“Sebetulnya yoga itu adalah apapun yang didapat dari latihan yoga untuk diimplementasikan ke kehidupan sehari-hari," terang dia.

"Yoga mengolah fisik dengan nafas, pikiran dan jiwa, semuanya harus bersatu karena ini unsur hidup kita. Pose-pose yoga memaksa kita bisa menerima kenyataan saat kita berkehidupan di dunia nyata,” paparnya.

1
2